Implementasi Manajemen Waktu Terhadap Keberhasilan Usaha UMKM (Studi Empiris Pelaku UMKM Pada Pasar Grabag Magelang)
Abstract
Penerapan manajemen waktu menjadi hal penting dalam berwirausah khususnya pada pelaku
UMKM yang ada di pasar Grabag Magelang. Selain melaksanakan kewajiban dirumah, pelaku
UMKM juga memiliki tanggung jawab untuk mengelola usaha mikro kecil dan menengah yang
dijalankan agar terus berkembang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana para
pelaku UMKM di daerah pasar Grabag Magelang menerapkan manajemen waktu, mengetahui
bagaimana penerapan manajemen waktu dapat terlaksana dengan baik supaya usaha mikro kecil dan
menegah mengalami keberhasilan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan
menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap beberapa
partisipan dari pelaku umkm di daerah pasar Grabag Magelang. Hasil penelitian dapat diketahui
bahwa pelaku UMKM yang kesulitan dalam mengelola waktu. Walaupun beberapa pelaku UMKM
dapat menentukan tujuan dan prioritas serta menyusun jadwal harian, namun pelaku UMKM masih
melakukan penyimpangan karena kurangnya kontrol terhadap waktu. Supaya usaha mikro kecil dan
menengah dapat berjalan dan berkembang dengan baik, maka dibutuhkan pemahaman mengenai
aspek-aspek manajemen waktu yang harus diterapkan para pelaku UMKM di daerah Grabag
Magelang yaitu; menetapkan tujuan, menyusun prioritas, menyusun jadwal, bersifat asertif, bersikap
tegas, menghindari penundaan, meminimalisasi waktu yang terbuang, dan kontrol terhadap waktu.