Dampak Inovasi Digital Insurance Technology Terhadap Layanan Claim Asuransi Jiwa Di Indonesia (Studi Kasus:PT Asuransi Jiwa Sinarmas)
Abstract
Perusahaan asuransi jiwa dipaksa untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi yang
disebabkan oleh transformasi digital dalam industri asuransi jiwa. Perusahaan asuransi
yang dapat menerapkan transformasi digital dengan cepat dan akurat akan paling sukses,
sedangkan perusahaan asuransi yang tidak dapat melakukannya akan tertinggal jauh. Oleh
karena itu, penelitian ini menyelidiki minat pelanggan terhadap teknologi layanan klaim
online di industri asuransi jiwa serta tingkat penyesuaian atau penerimaan pelanggan
terhadap teknologi layanan klaim yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Dengan
demikian, perusahaan asuransi jiwa saat ini menggunakan berbagai strategi untuk
mengurangi biaya proses pengelolaan klaim. Dengan menggunakan model Pengakuan
Teknologi (TAM), penulis membuat dan menguji variabel persepsi kegunaan (persepsi
kegunaan) dan persepsi kemudahan penggunaan (persepsi kemudahan penggunaan) yang
mempengaruhi minat pelanggan terhadap aplikasi layanan klaim online. Selain itu, penulis
membuat dan menguji variabel persepsi kepercayaan pelanggan (persepsi kepercayaan
pelanggan) terhadap kemampuan suatu perusahaan untuk menentukan apakah kemampuan