Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Potong Di UD FKM
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana citra merek, kualitas produk, dan penawaran promosi UD FKM mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli ayam broiler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama. Selama satu tahun, 1.800 pelanggan UD FKM yang membeli ayam broiler menjadi
populasi penelitian. Sebanyak seratus responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria tertentu, dan sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus Lemeshow. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis dalam aplikasi SmartPLS SEM 4.1, yang digunakan untuk memproses data. Pilihan Pembelian (Y) tidak dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Promosi (X1), menurut temuan tersebut. Sebaliknya, UD FKM menemukan bahwa Kualitas Produk (X2) dan Citra Merek (X3) secara signifikan dan positif mempengaruhi Keputusan Pembelian (Y) untuk ayam broiler. Terakhir, elemen kunci yang meningkatkan keputusan pembelian konsumen adalah kualitas produk (X2) dan citra merek (X3). Bagi UD FKM, studi ini berarti mengasah taktik pencitraan merek dan komunikasi pemasaran yang memperkuat argumen tentang kualitas dan daya tarik produk. Pelanggan akan lebih yakin dalam pembelian mereka jika ada perbedaan yang lebih jelas dari pesaing.
ABSTRACT
The purpose of this research is to determine how UD FKM's brand image, product quality, and promotional offers affect customers' decisions to buy broiler chicken. This study used a quantitative approach, with questionnaires serving as the main data collection tool. Over the course of a year, 1,800 customers of UD FKM who bought broiler chicken made up the study's population. A total of one hundred respondents were chosen using purposive sampling techniques according to specific criteria, and the research sample was determined using the Lemeshow formula. Calculations were made using the outer model test, inner model test, and hypothesis test in the SmartPLS SEM 4.1 application, which was used to process the data. Buying Choices (Y) were not positively and significantly impacted by Promotion (X1), according to the findings. In contrast,
UD FKM found that Product Quality (X2) and Brand Image (X3) significantly and positively impacted Purchasing Decisions (Y) for broiler chicken. Finally, the key elements that increase consumer purchasing decisions are product quality (X2) and brand image (X3). For UD FKM, this
study means honing in on branding tactics and marketing communications that make a stronger case for the product's quality and attractiveness. Customers will have more faith in their purchases when there is more obvious distinction from rivals.