Word of Mouth Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Antara Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian

  • Albafery
  • Darimi
Keywords: WOM, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

ABSTRAK
Desa Rambah Tengah Barat di Kabupaten Rokan Hulu terkenal sebagai penghasil gula aren yang memiliki
kepentingan budaya keraifan lokal dan komersial yang signifikan. Produk ini banyak diminati oleh konsumen karena keunggulannya dalam aspek Kesehatan. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh antara citra merek terhadap word-of-mouth (WOM); dan WOM sebagai variabel mediasi pengaruh antara citra merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini melibatkan 50 responden yang melakukan pembelian gula aren dengan menggunakan teknik purposive sampling. Program Smart-PLS, hasil menunjukkan yaitu WOM berperan besar sebagai variabel intervening dalam meningkatkan pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian.

 

ABSTRACT
West Central Rambah Village in Rokan Hulu Regency is famous as a palm sugar producer which has significant local and commercial cultural importance. This product is in great demand by consumers because of its excellence in the health aspect. This study aims to examine the influence of brand image on word-of-mouth (WOM); and WOM as a mediating variable of influence between brand image and purchase decisions. This study involved 50 respondents who purchased palm sugar using the purposive sampling technique. The results of the Smart-PLS program show that WOM plays a major role as an intervening variable in increasing the influence of brand image on purchase decisions.

Published
2025-06-08