Pengaruh Strategi Konten Video, Live Streaming Dan Free Product Terhadap Keputusan Pembelian Nailart Goldlashes Ponorogo

  • Swesti Mahardini
  • Malik Hidayat
  • Risa Putri Saqira
Keywords: Keputusan Pembelian, Konten Video, Produk Gratis, Siaran Langsung.

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran modern, seperti Konten Video, Live Streaming, dan pemberian Free Product, terhadap keputusan pembelian produk Nailart Goldlashes di Ponorogo. Penelitian dilandaskan teori yang mendukung tentang Konten Video, Live Streaming, Free Product, dan Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan data
primer dengan metode kuantitatif yang digunakan yaitu mengumpulkan data melalui kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Nailart Goldlashes. Sampel dihitung menggunakan rumus Lemeshow, berdasarkan hasil sampel yang digunakan adalah 100 sampel. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan aplikasi SmartPLS SEM 4.1 dihitung dengan uji outer model, uji inner model, serta uji hipotesis. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa Konten Video dan Live Streaming secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Sebaliknya, Free Product tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Implikasi dari temuan ini adalah perusahaan perlu mengoptimalkan strategi Konten Video dan Live Streaming dengan memilih influencer yang relevan, ini mengindikasikan bahwa konsumen saat
ini sangat responsif terhadap konten visual yang menarik dan interaksi langsung dengan penjual. Sementara itu, perlu dilakukan diversifikasi strategi untuk meningkatkan pengaruh adanya Free Product Kualitas Free Product juga mempengaruhi persepsi konsumen terhadap merek untuk meningkatkan efektivitasnya.

 

ABSTRACT
This study aims to analyze the influence of modern marketing strategies, such as Video Content, Live Streaming, and Free Product provision, on purchasing decisions for Nailart Goldlashes products in Ponorogo. The study is based on supporting theories about Video
Content, Live Streaming, Free Products, and Purchasing Decisions. This study uses primary data with quantitative methods used, namely collecting data through questionnaires. The population in this study were Nailart Goldlashes consumers. The sample was calculated using the Lemeshow formula, based on the results of the sample used was 100 samples. The technique used was purposive sampling. Data was processed using the SmartPLS SEM 4.1 application. The results of the hypothesis test study showed that Video Content and Live Streaming significantly influenced purchasing decisions.
Conversely, Free Products did not have a significant effect on purchasing decisions. The implication of this finding is that companies need to optimize Video Content and Live Streaming strategies by selecting relevant influencers, this indicates that consumers are currently very responsive to attractive visual content and direct interaction with sellers. Meanwhile, it is necessary to diversify strategies to increase the influence of Free Products. The quality of Free Products also affects consumer perceptions of the brand to increase its
effectiveness

Published
2025-10-05