Pengembagan Soft Skill Melalui Pembelajaran Non Akademik di Panti Asuhan LKSA Amanah Qurrota A’yuni

  • Amanda Dwi Wantira Institut Teknologi Kalimantan
  • Mayati Isabella Institut Teknologi Kalimantan
  • Faishal Arham Pratikno Institut Teknologi Kalimantan
Keywords: soft skill, non akademik, panti asuhan

Abstract

Panti asuhan LKSA Amanah Qurrota Ayuni merupakan salah satu panti asuhan yang mengelola rumah anak
yatim dan dhuafa. Pendirian panti asuhan ini bertujuan mengasuh dan memberikan pelayanan kesejahteraan bagi
anak anak khususnya dalam bidang memperluas ilmu pembelajaran, mengolah kepribadian/karakter anak, dan
membentuk pribadi yang mandiri. Pendidikan pengetahuan telah diberikan oleh pihak panti dengan mendaftarkan
anak-anak ke sekolah formal, sedangkan untuk pendidikan karekter pihak panti sudah membekali anak-anak
melalui kegiatan spiritual yaitu mengaji. Pendidikan karakter yang telah diberikan dirasa masih kurang karena
perlu juga menumbuhkan nilai-nilai religius, nasionalis, produktif dan kreatif. Oleh karena itu hal inilah yang
menjadikan pertimbangan untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan memfasilitasi anak-anak panti untuk
membentuk karakter melalui pengembangan soft skill khususnya dengan pembelajaran non akademik.
Pembelajaran non akademik yang diberikan berupa kegiatan dan permainan yang menarik bagi anak-anak seperti
tebak gambar dan tebak kata, menggambar objek dari bentuk, tebak ekspresi, bercerita dan menyanyi, kolaborasi
kelompok, bangun rumah-rumahan, dan memvisualisasikan objek dari huruf. Berdasarkan hasil pelaksanaan
kegiatan, pada antusiasme belajar anak-anak. Terdapat peningkatan hasil dari yang awalnya 77% anak anak
antusias untuk mengikuti pembelajaran soft skill, meningkat menjadi 100%. Pada aspek pemecahan masalah, yang
awalnya hanya 50% anak anak yang dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan permasalahan yang diberikan,
setelah dilakukan kegiatan meningkat menjadi 87%.

Published
2022-12-02