Literasi Asuransi Sosial Bagi Masyarakat Desa Banyuresmi Kabupaten Garut

  • Fanny Novika Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti
Keywords: Asuransi Sosial, Jasa Raharja, Kecelakaan Lalu Lintas

Abstract

Masyarakat Indonesia mempunyai hak atas perlindungan dan kepastian hukum. Salah satunya melalui
perlindungan asuransi sosial kecelakaan lalu lintas penumpang baik angkutan umum, kendaraan probadi
maupun pejalan kaki melalu Asuransi Jasa Raharja. Namun, kebanyakan masyarakat belum mengerti alur
pengajuan klaim, persyaratan dokumen dan klasifikasi yang berhak mendapatkan santunan. Program
pengabdian kepada masyarakat ini melakukan kegiatan literasi kepada masyarakat desa Banyuresmi
Kabupaten Garut agar lebih melek asuransi dan mendapatkan haknya apabila terjadi risiko kecelakaan lalu
lintas. Kegiatan literasi ini dihadiri oleh 15 perwakilan Bumdes masing-masing mengutus 2 orang agar dapat
menyampaikan informasi kepada masyarakat desanya masing-masing. Adapun hal yang disampaikan pada
saat literasi adalah asuransi sosial di Indonesia, Jasa Raharja, program asuransi sosial di Jasa Raharja, lingkup
jaminan Jasa Raharja, pembayaran iuran asuransi Jasa Raharja, besar santunan, syarat memperoleh santunan,
dan cara mengajukan klaim asuransi Jasa Raharja. Masyarakat diberikan flyer yang juga bisa disebarkan ke
desa masing-masing, sebanyak 52% masyarakat menyatakan kegiatan literasi ini merupakan kegiatan yang
dilaksanakan dengan baik dan 48% menyatakan kegiatan literasi ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan
dengan sangat baik.

Published
2022-12-02