Pengembangan Produk UMKM di Wilayah Jakarta
Abstract
Pengembangan produk bagi suatu usaha bukan merupakan pilihan, tetapi menjadi keharusan agar usaha
dapat terus hidup dan berkembang. Secara umum masalah yang dihadapi oleh UMKM(Usaha Mikro Kecil
dan Menengah), khususnya di Jakarta dan Lampung adalah: 1) kurangnya pengetahuan dan pemahaman
tentang pentingnya pengembangan produk, 2) kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya
kreatifitas dan pemanfaatan tehnologi dalam pengembangan produk, dan 3) kurangnya pengetahuan dan
pemahaman tentang pentingnya aspek pemasaran dalam pengembangan produk. Dalam kegiatan
pengabdian masyarakat ini, Universitas Mercu Buana Jakarta bekerjasama dengan Universitas Lampung,
Bandar Lampung melakukan kegiatan untuk mengatasi masalah di atas dengan: (1) memberikan ceramah
secara daring tentang pentingnya pengembangan produk, kreatifitas dan pemanfaatan tehnologi dalam
pengembangan produk, pemasaran dalam pengembangan produk, 2) memberikan pendampingan pada
salah satu UMKM terpilih. Kegiatan ini diikuti oleh 32 UMKM di Jakarta dan Lampung. Ceramah
dilakukan oleh 9 narasumber dari Universitas Mercu Buana dan Universitas Lampung. Pendampingan
usaha dilakukan pada 1 UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner. Berdasarkan hasil diskusi selama
ceramah daring dan pendampingan UMKM dapat disimpulkan bahwa: 1) kesuksesan usaha/bisnis
bergantung pada kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, kemudian secara cepat
menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan biaya yang efisien, 2) usaha
pengembangan produk dapat dikatakan sukses, jika produk dapat diproduksi dan dijual serta menghasilkan
laba, untuk itu perlu didukung oleh strategi pemasaran yang jitu dan branding yang baik, dan 3) teknologi
penting dalam bisnis karena dapat mempengaruhi sistem kerja perusahaan serta mempermudah dan
mempercepat pekerjaan.