Pengenalan Aplikasi Socrative dan Quizizz Sebagai Alternatif Penilaian Secara Online
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada awal tahun 2020 memberikan tantangan sekaligus
peluang bagi seorang pendidik, terutama dalam melakukan penilaian pembelajaran. selama pandemi,
pembelajaran dilaksanakan secara daring sehingga tidak memungkinkan untuk melaksanakan penilaian
pembelajaran seperti biasa. untuk itu guru perlu beradaptasi dan mencari metode penilaian yang sesuai.
beberapa aplikasi penilaian yang dapat digunakan adalah socrative dan quizziz. pengabdian kepada
masyarakat ini dilaksanakan untuk memberikan pelatihan bagi guru-guru SMAN 4 Polewali mengenai
metode penilaian pembelajaran menggunakan applikasi penilaian online, yakni socrative dan quizziz.
pelatihan ini dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh 28 guru SMAN 4 Polewali. angket yang disebar
setelah pelatihan menunjukkan bahwa 82% guru menganggap Socrative dan Quizziz layak digunakan dalam
penilaian pembelajaran, 85% guru telah memahami cara menggunakan aplikasi Socrative dan Quizizz, serta
75% guru akan mencoba untuk menerapkannya dalam pembelajaran.