Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah Melalui Training Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality

  • M. Ali Ghufron Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Qurrota A’yun Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • M. Rifky Aditya Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Mochammad Arfy Mustaqim Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Mokhamad Ghulam Ainul Khaq Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Keywords: Augmented reality (AR), media pembelajaran, kompetensi guru, Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Abstract

Istilah "augmented reality", atau "AR", mengacu pada teknologi yang memungkinkan integrasi mulus
materi digital yang dihasilkan komputer dengan lingkungan fisik secara real time. Karena dapat
menggambarkan wujud nyata dari suatu fenomena, maka memanfaatkan media ini untuk pembelajaran
sangat dianjurkan karena hal itu akan menghidupkan proses pembelajaran yang sebelumnya membosankan.
Namun ada kendala tidak semua guru bisa mengajukan lamaran. Oleh karena itu, sebagai bagian dari proyek
pengabdian masyarakat ini, instruktur Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pekalongan akan mendapatkan
pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan aplikasi augmented reality. Hasil dari program
pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta merasa telah mendapatkan
pengetahuan yang berguna tentang pengembangan aplikasi augmented reality sebagai hasil dari partisipasi
mereka. Hal ini dibuktikan dengan mayoritas peserta yang memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan
yang telah dilaksanakan.

Published
2022-12-03