Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan Google Business untuk membuat Media Sosial Terintegrasi

  • Daniel Yeri Kristiyanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Sisilia Thya Safitri Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Tectonia Nurul Silvani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Google Business, Media Sosial, Aplikasi Ibadah, Gereja

Abstract

Media sosial merupakan sarana digital untuk penyebaran informasi yang lebih baik dari sistem konvensional. Optimasi media sosial perlu didukung oleh pemahaman penggunaan media sosial yang baik dan benar. Lebih lanjut, untuk membuat media sosial yang baik dan benar maka diperlukan integrasi informasi di berbagai media sosial yang dimiliki oleh organisasi. Organisasi dapat memanfaatkan layanan Google Business sebagai sarana penyebaran informasi ke media sosial. Oleh sebab itu, Tim Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto melaksanakan program pengabdian masyarakat pada Lingkungan Asosiasi Pendeta Indonesia (API) wilayah Banyumas. Capaian dalam kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan tentang peningkatan keterampilan pengelola Gereja wilayah Banyumas dalam menggunakan media sosial sebagai media komunikasi berbasis Google Business. Pelatihan dilakukan dengan metode ceramah, pemutaran slide, tanya jawab, dialog interaktif, praktik membuat media sosial menggunakan Google Business. Sebanyak 30 peserta dari perwakilan Gereja yang tergabung dalam API Banyumas, telah berhasil membuat dan menerapkan media sosial berbasis Google Business untuk setiap peserta di Gerejanya. Materi pada pengabdian masyarakat ini difokuskan kepada praktik memanfaatkan layanan Google Business yakni optimasi akun Gmail untuk korespondensi media sosia dan Google Maps untuk tracking location Gereja. Disimpulkan bahwa peserta mampu memahami pemanfaatan media sosial dengan berbagai kelengkapan fiturnya sehingga peserta dapat memanfaatkannya untuk sarana penyebaran informasi Gereja.

Published
2023-06-02