Sosialisasi Digital Marketing Untuk Pemasaran Produk Umkm Di Desa Kurungdahu, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang

  • Tauny Akbari Universitas Banten Jaya
Keywords: Digital marketing; E-commerce; UMKM; Pemasaran; Produk kuliner.

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam membangun dan mengembangkan perekonomian Nasional. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan pemasaran UMKM adalah digital marketing. Desa Kurungdahu yang terletak di Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang memiliki empat UMKM yang bergerak di bidang kuliner, yaitu Ranggining, Sempring, Keripik Singkong dan Bakso Ayam. Pemasaran produk UMKM tersebut belum menggunakan e-commerce karena masih terbatas pada relasi teman dan keluarga baik secara langsung, maupun melalui media sosial whatsapp. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mensosialisasikan digital marketing melalui penggunaan e-commerce untuk meningkatkan pemasaran UMKM di Desa Kurungdahu, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa: pergantian kemasan produk, pembuatan logo merek setiap produk UMKM, sosialisasi digital marketing, pembuatan akun e-commerce Shoppee tokoonlinekurungdahu dan sosialisasi penggunaan e-commerce.

Published
2023-06-02