Penerapan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Era Digital

  • Essy Malays Sari Sakti Universitas Persada Indonesia YAI
  • Erdina Indrawati Universitas Persada Indonesia YAI
  • Tatiyani Tatiyani tatiyani09@gmail.com
  • Usman Effendi Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • RR. Dini Diah Nurhadianti Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Metode Jigsaw, Minat belajar, Penyuluhan dan Pelatihan, Insidensial

Abstract

Di era digital penerapan metode Jigsaw memungkinkan adanya kolaborasi dan pembelajaran yang efektif melalui platform online, seperti Google Docs, Slack, Trello, Padlet, Zoom , dll. Metode Jigsaw adalah suatu pendekatan pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Metode ini mengharuskan siswa bekerja sama dalam kelompok kecil untuk memecahkan tugas atau masalah yang diberikan, sehingga mereka saling bergantung satu sama lain dalam mencapai tujuan pembelajaran. SMA Muhammadiyah 1 Jakarta merupakan salah satu sekolah swasta dibawah naungan Yayasan Muhammdiyah. Dengan visi dan misi yang ada di harapkan lulusannya akan menjadi siswa yang berpresatasi. Untuk mendukung harapan SMA Muhammadiyah 1 Jakarta maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan metode penyuluhan dan pelatihan. Metode pelatihan merupakan penerapan metode jigsaw yang dilakukan dengan mengelompok siswa menjadi 5 kelompok untuk berdiskusi.. Kegiatan PKM ini bersifat insidensial, Keberhasilan kegiatan ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan pada saat penyuluhan dan pada saat pelatihan siswa tampak bersungh-sungguh melakukan diskusi sebagai penerapan metode jigsaw

Published
2023-06-02