Perubahan Peran Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19

  • Evi Syafrida Nasution Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Erdina Indrawati Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: peran orang tua, belajar berdasar regulasi diri, pembelajaran daring

Abstract

Kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam memutus penyebaran virus Covid-19 berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam setting Pendidikan membuat proses pembelajaran dilakukan secara daring. Di sini Indonesia, pembelajaran secara daring merupakan hal yang baru dan membutuhkan adaptasi yang cukup kompleks misalnya fasilitas belajar, pemahaman terhadap pelajaran, kemandirian siswa dalam belajar, yang dapat berdampak terhadap motivasi dan prestasi akademik siswa. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan adanya penyuluhan terkait dengan perubahan peran orang tua dan bagaimana meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan penyuluhan secara daring, yang diikuti oleh orang tua siswa dan guru sebanyak 30 orang. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu terjadi peningkatan pemahaman orang tua terkait tentang perubahan peran orang tua dan belajar berdasar regulasi diri yang diharapkan dapat membantu orang tua dalam mendampingi siswa/anaknya belajar mandiri di rumah dan meningkatkan prestasi akademik siswa.

Published
2023-06-02