REVITALISASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR : PENDEKATAN INOVATIF MELALUI TEKNOLOGI, PERMAINAN EDUKATIF, DAN KETERAMPILAN PRAMUKA DI SDN KARANGMULYA 01 DAN SDN KARANGMULYA 02

  • Muhamad Syahwildan
  • Suhendra
  • Widiastuti
Keywords: Revitalisasi Pembelajaran, Permainan Edukatif, Inovasi Pendidikan, Motivasi Belajar, Karakter Siswa

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan di tingkat dasar merupakan fondasi penting dalam pengembangan intelektual dan
karakter anak-anak. Pengabdian masyarakat ini mengeksplorasi upaya revitalisasi pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) 01 dan SD 02 Desa Karangmulya melalui pendekatan inovatif yang melibatkan teknologi, permainan edukatif, dan pengembangan keterampilan Pramuka. Metode pengabdian melibatkan survei, observasi kelas, dan wawancara dengan guru dan siswa. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran telah meningkatkan keterlibatan siswa dan memungkinkan akses ke sumber daya pendidikan yang lebih beragam. Permainan edukatif telah membantu meningkatkan motivasi belajar dan kreativitas siswa, sementara pengembangan keterampilan Pramuka telah memperkuat karakter mereka dan memberikan peluang pembelajaran di luar kelas. Kesimpulannya, pendekatan inovatif ini telah berhasil merangsang semangat belajar siswa dan memberikan pengalaman
pembelajaran yang lebih holistik di SDN 01 Karangmulya dan SDN 02 Karangmulya. Temuan ini
menggarisbawahi pentingnya berinvestasi dalam inovasi pendidikan untuk memenuhi tuntutan dunia modern dan mempersiapkan generasi muda dengan keterampilan yang relevan dan karakter yang kuat. Studi ini juga memberikan wawasan yang berharga bagi pengambil kebijakan pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif di tingkat dasar.

ABSTRACT

Education at the elementary level is a crucial foundation for the intellectual and character
development of children. This community service explores efforts to revitalize learning at Elementary School (SD) 01 and SD 02 in Karangmulya Village through innovative approaches involving technology, educational games, and the development of Scout skills. The methods of service included surveys, classroom observations, and interviews with teachers and students. The results of the service indicated that the integration of technology in learning has enhanced student engagement and enabled access to more diverse educational resources. Educational games have helped boost students' learning motivation and creativity, while the development of Scout skills has strengthened their character and provided opportunities for learning outside the classroom. In conclusion, this innovative approach has successfully stimulated students' enthusiasm for learning and provided a more holistic learning experience at SDN 01 Karangmulya and SDN 02 Karangmulya. These findings underscore the importance of investing in educational innovation to meet the demands of the modern world and prepare the younger generation with relevant skills and strong character. This study also provides valuable insights for educational policymakers in designing more effective learning strategies at the elementary level.

Published
2024-06-10