Peningkatan Keterampilan Help Seking Behavior Pada Anak Di TPQ Melalui Demonstrasi Group Play Therapy
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan yang efektif untuk mempersiapkan warganegara demokratis, mencakup struktur
keilmuan pendidikan kewarganegaraan. menghadapi permasalahan anak yang berhubungan dengan bidang sosial, paling cocok adalah menggunakan Group Play Therapy. Hal ini dikarenakan terapi bermain kelompok membuat anak banyak belajar dari proses interaksi dengan teman-temannya dibandingkan hanya dari sebuah teori. Hal ini memunculkan pertanyaan permainan apakah yang cocok untuk meningkatkan karakter demokratis anak TK. Tujuan dari edukasi ini adalah upaya meningkatkan keterampilan anak help seeking behaviour. Metode pelaksanaan ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Setelah dilakukan implementasi dengan membekali pengetahuan dan ketrampilan Ibu dan anak melalui demonstrasi play group terapi. Adapun tahapan dalam kegiatan ini yaitu Kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan rencana kegiatan pada POA yaitu Peningkatan keterampilan Help Seking Behavior pada Anak di TPQ melalui Demonstrasi Group Play Therapy. Berdasarkan Hasil Kuesioner Pre dan Post Demonstrasi Group Play Therapy Peningkatan Keterampilan Help Seeking Behavior terjadi Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Anak terhadap Help Seeking Behavior dengan Persentase Rata-Rata Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Help Seeking Behavior sebanyak 100% dari Jumlah total sebanyak 35 Anak. Intervensi yang diberikan sudah berjalan sesuai planning of action dimana masalah pertama diatasi dengan Group Play Therapy
ABSTRACT
Effective education to prepare democratic citizens includes the scientific structure of citizenship education. To deal with children's problems related to the social sector, the most suitable thing is to use Group Play Therapy. This is because group play therapy makes children learn a lot from the process of interacting with their friends rather than just from theory. This raises the question of what games are suitable for improving the democratic character of kindergarten children. The aim of this education is to improve children's help seeking behavior skills. This implementation method consists of planning, implementation and evaluation. After implementation, it provides knowledge and skills for mothers and children through play group therapy demonstrations. The stages in this activity are that the activities carried out are in accordance with the activity plan in the POA, namely improving Help Seking Behavior skills in children at TPQ through Group Play Therapy Demonstration. Based on the results of the Pre and Post Demonstration Group Play Therapy Questionnaires for Increasing Help Seeking Behavior Skills, there was an increase in Children's Knowledge and Skills regarding Help Seeking Behavior with an Average Percentage of Increase in Help Seeking Behavior Knowledge and Skills of 100% from a total of 35 Children. The intervention provided has been running according to the plan of action where the first problem was addressed with Group Play Therapy