Eksplorasi kinematika dan dinamika pada Linkage dengan Miniatur Aileron Pesawat Terbang dan Mainan Duplo
Abstract
ABSTRAK
Pemahaman konsep fisika, terutama terkait dengan pesawat terbang, menjadi semakin penting dalam konteks perkembangan teknologi pesawat terbang. Di tengah evolusi yang cepat dalam industri penerbangan, siswa dengan jurusan yang terkait pesawat terbang perlu memahami dengan baik kompleksitas teknologi tersebut, kompleksitas mekanika dalam pesawat melibatkan berbagai mekanisme, termasuk mekanisme flightcontrol yang menggunakan linkage dan prinsip-prinsip fisika. Oleh karena itu, praktikum dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep fisika, khususnya terkait dengan kinematika dan dinamika pada mekanisme linkage. Praktikum dirancang dengan memanfaatkan miniatur aileron pesawat terbang yang dicetak menggunakan teknologi 3D, mainan duplo dan mainan lego. Hasil parktikum ini menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran dengan konsep eksplorasi memungkinkan siswa memahami serta merakit konsep kinematika dan dinamika secara langsung, sehingga siswa mampu menggambarkan serta merakit linkage mulai dari 1 sampai 4 batang beserta gaya dan arah pergerakannya.
ABSTRACT
Understanding the concepts of physics, especially in relation to aircraft, is becoming increasingly important in the context of the development of aircraft technology. Amidst the rapid evolution in the aviation industry, students with aviation-related majors need to understand well the complexity of such technology, the mechanical complexity in the aircraft involves a variety of mechanisms, including flight controls that use linkage and physics principles. Therefore, the workshop is designed to enhance students' understanding of the physical concepts, especially those related to kinematics and dynamics on linkage mechanisms. The workshop was designed using miniature ailerons of aircraft printed using 3D technology, double toys and lego toys. The results of this parkticum show that the learning approach with the concept of exploration enables students to understand and assemble the concepts of kinematics and dynamics directly, so that students are able to describe as well as assemble linkages ranging from 1 to 4 bars with their styles and directions of movement.