Analisis Strategi E-Marketing Untuk Meningkatkan Minat Beli Online

  • Ratih Wahyuningrum

Abstract

Pesatnya pengguna internet di Indonesia kini banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk turut serta dalam

meramaikan dunia maya melalui penjualan secara online. Salah satunya adalah maraknya penjualan produk

fashion baik di facebook, blog, maupun web e-commerce, sehingga persaingan dalam bisnis online ini semakin ketat

dan tidak sedikit para pebisnis online yang gagal dalam menerapkan e-commerce. Hal ini terkadang terjadi akibat

kurangnya kualitas web e-commerce yang dimiliki, kurangnya daya tarik dari segi promosi atau harga, kurangnya

tingkat kepercayaan masyarakat terhadap web e-commerce yang ada di Indonesia, maupun kurangnya penerapan

pemasaran online (e-marketing) pada web e-commerce tersebut. Oleh sebab itu diperlukan penelitian untuk

menganalisis minat beli masyarakat terhadap web e-commerce yang menjual produk fashion di Indonesia sekaligus

menyusun strategi bisnis dalam meningkatkan minat beli online masyarakat dengan menerapkan e-marketing pada

web e-commerce tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan

pendekatan deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner di beberapa lokasi di

Jakarta dengan beberapa profesi dan sasaran penelitian adalah wanita. Adapun analisis strategi e-marketing yang

digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis situasi (SWOT). Hasil yang didapat dalam penelitian

ini adalah berdasarkan hasil kuesioner dan analisis SWOT perusahaan ini bersifat progresif, artinya organisasi

dalam kondisi prima dan mantap sehingga prospek bisnis penjualan online produk fashion mempunyai peluang

sangat bagus untuk kedepannya dan sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar

pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.

Kata Kunci : E-Commerce; E-Marketing; Fashion ; Strategi E-Marketing; SWOT

Published
2019-04-09