Prototype E-Marketing Berbasis Android Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus : Pemasaran Rumah Kos Pada Sewarumahserpong)

  • Parno Parno Universitas Gunadarma
  • Affan Haidar Atstsabit Universitas Gunadarma
  • Dharmayanti Dharmayanti Universitas Gunadarma
Keywords: Kata kunci : Augmented Reality, Google Sketchup, Kos, Unity, Vuforia.

Abstract

Prototipe E-Marketing Berbasis Android yang memanfaatkan Teknologi Augmented Reality ini merupakan suatu
model yang memiliki tujuan untuk memasarkan produk jasa berupa penyewaan rumah kos dengan menfaatkan
teknologi Augmented Reality (AR) Kemajuan teknologi berdampak besar dalam dunia pemasaran. Salah satu
teknologi yang berkembang saat ini adalah digital marketing dengan memanfaatkan teknologi augmented reality,
augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi dan
memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Pada dunia pemasaran hal ini bisa berperan penting
contohnya pemasaran sewa rumah kos. Model Prototype ini nantinya adalah sebagai media informasi untuk
memudahkan calon penghuni dan pemilik dalam melakukan survey rumah dan kamar kos dengan cepat dengan hanya
dengan melakukan scan Marker saja. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode SDLC (System Development Life
Cycle) yaitu perencanaan, analisis, perancangan, implementasi dan uji coba aplikasi. Aplikasi ini dibuat menggunakan
Unity 3D, Skethup, Visual Studio Code, Vuforia SDK, menggunakan bahasa pemrograman C# dan dapat berjalan di
smartphone android dengan minimum versi android yaitu 6.0 (Marshmallow).

Published
2022-10-05