Implementasi Penggunakan CMS OpenCart Dalam Upaya Toko Online Naik Kelas

  • Nafisah Yuliani UPI Y.A.I
  • Andika Yunianto UPI Y.A.I
  • Marnis Marnis UPI Y.A.I
Keywords: Implementasi, CMS OpenCart, Toko Online

Abstract

Penggunaan internet tidak hanya terbatas pada pemanfaatan informasi yang dapat diakses melalui
media internet melainkan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan transaksi
perdagangan. Berjualan diinternet saat ini sudah menjadi hal yang lazim dilakukan pebisnis internet,
khususnya pengusaha kecil.. Bisnis online menggunakan media internet sebagai solusi bagi pengusaha
yang memiliki modal minim untuk dapat mempromosikan dan menjual produk mereka hingga luas.
Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh pengusaha kecil untuk dapat mempromosikan usahanya
melalui toko online sebagai tempat memajang dan mempromosikan barang menjadi solusi jitu
pengusaha kecil untuk mempromosikan produknya. Selaman ini, kendala yang dihadapi oleh
pengusaha kecil untuk membangun dan memiliki toko online, yaitu (1) masih sulitnya membangun
toko online berbasis web, (2) masih terdapat kecemasan pemilik toko online terhadap persaingan di
dunia maya, (3) kurangnya dukungan layanan pendukung toko online yang baik dan canggih, sehingga
toko online yang dibuatnya kalah bersaing dengan toko online yang memiliki layanan lengkap dan
canggih. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi pengusaha kecil agar dapat
menggunakan toko online mereka dengan mudah dan memiliki fitur yang canggih dengan cara
membuat toko online berbasis CMS OpenCart. Keunggulan OpenCart, yaitu : (1) Penggunaan yang
Mudah, (2) Menjual Produk Tanpa Batas, (3) Multi Store, (4) Responsif dan SEO Friendly, (5) Tersedia
Berbagai Pilihan Bahasa dan Mata Uang, (6) Dukungan Lebih dari 1300 Extensions, (7) Kecepatan
Tinggi. Kesimpulan OpenCart adalah platform webstore (toko online) dengan basis kelola CMS yang
memudahkan kita untuk bisa menciptakan toko online secara mudah dan cepat.

Published
2022-10-05