https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/issue/feedJurnal Ilmiah Teknik Informatika (TEKINFO)2024-11-14T10:15:56+07:00Dian Gustinadgustina77@gmail.comOpen Journal Systemshttps://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3926Pendekatan Design Thinking Dalam Merancang Ulang UI/UX Website SIAKAD Mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma2024-07-01T14:00:23+07:00Khana Ameliakhanaamelia0@gmail.comMuryan Awaludinmuryanawaludin1@gmail.comAlcianno Ghobadi Ganilocalghost2000@gmail.com<p>Di era digital saat ini, implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pelayanan mahasiswa<br>melalui Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAKAD) telah menjadi inovasi pada bidang pendidikan di<br>Indonesia. SIAKAD Unsurya adalah sebuah aplikasi yang menyediakan layanan digital untuk manajemen data<br>akademik di Unsurya. Meskipun SIAKAD Unsurya memberikan kemudahan akses informasi akademik,<br>tantangan yang dihadapinya terletak pada pembaruan tampilan dan fokus pada aspek antarmuka pengguna (UI)<br>dan pengalaman pengguna (UX). Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaruan desain website SIAKAD Unsurya<br>agar terlihat lebih modern dan memperhatikan aspek UI. Selain itu, peningkatan pada aspek UX juga diperlukan<br>agar mahasiswa dapat dengan mudah mengakses informasi akademik yang mereka butuhkan. Penelitian ini<br>melakukan usability testing website SIAKAD kepada 15 orang partisipan. Hasil penelitian terbukti<br>meningkatkan aspek Efficiency dari 0,11 goals/sec menjadi 0,163 goals/sec, Skor kepuasan meningkat dari<br>51,34 menjadi 78 dan skor pada Single Ease Question dari 4,72 menjadi 6,30 yaitu melebihi skor rata-rata.<br>Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa rekomendasi desain yang diusulkan oleh peneliti berhasil<br>memenuhi aspek usability menurut ISO 9241-11:2018. Tujuan penelitian ini adalah memberikan prototipe<br>desain yang memenuhi aspek usability sebagai bahan pertimbangan bagi Unsurya dalam pengembangan<br>SIAKAD sesuai dengan kebutuhan pengguna.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3928Rancang Bangun Sistem Perhitungan Jumlah Penumpang PesawatDengan Sensor Seat Pessanger2024-07-01T14:07:41+07:00Hudzaifah Ainihudzaifahaini4@gmail.comMuryan Awaludinmuryanawaludin1@gmail.comAlcianno Ghobadi Ganilocalghost2000@gmail.com<p>Kemajuan teknologi informasi telah secara jelas menunjukkan peningkatan kinerja di berbagai<br>sektor. Banyak penelitian empiris yang menunjukkan dampak positif teknologi informasi terhadap<br>kinerja perusahaan, termasuk peningkatan efisiensi, produktivitas, dan inovasi. Menanggapi<br>kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama di sektor industri, perubahan tersebut tidak<br>hanya terbatas pada industri tetapi juga mencakup berbagai aspek kehidupan manusia, yang<br>membantu menciptakan keseimbangan yang dinamis (Peniarsih & Henrico Anthony Yunior, 2023).<br>Berdasarkan hasil pengamatan kami, kendala yang dihadapi meliputi ketidakakuratan data yang<br>diperoleh dan kurang efisienya waktu dan pekerjaan yang dilakukan oleh awak kabin secara manual.<br>Pengembangan aplikasi berbasis web menggunakan sensor kamera untuk menghitung jumlah<br>penumpang di pesawat merupakan langkah nyata dalam penyediaan fasilitas penerbangan yang<br>diharapkan dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan, khususnya dalam proses<br>pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan untuk membantu menghitung jumlah penumpang yang<br>berangkat pada penerbangan domestik untuk setiap maskapai di Indonesia. Kami berharap penelitian<br>ini dapat memberikan informasikepada maskapai lain mengenai manfaat yang akan didapat dengan<br>menerapkan perangkat lunak berbasis web menggunakan sensor kamera, yang pada akhirnya akan<br>mempermudah tugas awak kabin pesawat.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3929Analisis Kesadaran Cyber Crime Di Kalangan Masyarakat Menengah Kebawah2024-07-01T14:20:48+07:00Muhamad Haikal Ariefmuhamad.haikal.arief@upi-yai.ac.idKhairatul Arifa Fitrikhairatul.arifa.f.2144190024@upi-yai.ac.idEssy Malays Sari Saktiessy.malays@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat kesadaran dan perilaku masyarakat<br>menengah ke bawah terkait dengan cybercrime. Metode survei online digunakan untuk<br>mengumpulkan data melalui kuesioner yang mencakup informasi tentang kebiasaan online<br>responden. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa kesadaran dan perilaku masyarakat dalam<br>menghadapi cybercrime masih rendah. Rekomendasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat<br>tentang cybercrime termasuk upaya edukasi, sosialisasi, program pelatihan, regulasi yang lebih<br>ketat, dan kerjasama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat. Pentingnya literasi digital dan<br>kesadaran keamanan siber juga disorot sebagai langkah pencegahan yang dapat dilakukan oleh<br>masyarakat untukmelindungi diri dari ancaman cybercrime</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3930Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Penjualan pada Toko Mebel (Studi Kasus : Toko Dini Furniture)2024-07-01T14:27:48+07:00Nabila Shafira Dewinabilashafira189@gmail.comAkmal Nazrey Rasyidinazrey816@gmail.comEssy Malays Sari Saktiessy.malays@gmail.com<p>Industri Mebel adalah bagian penting dari penyediaan perabotan rumah, kantor, dan ruang komersial. Industri<br>mebel membutuhkan sistem informasi yang stabil untuk mengelola bisnis secara efektif dan terpadu. Sistem ini<br>terdiri dari modul-modul yang saling terkait, termasuk data konsumen, pegawai toko, kepala bengkel, dan<br>pemilik. Modul data konsumen menyimpan informasi penting untuk pelacakan pesanan dan membangun<br>hubungan pelanggan. Sistem juga mencakup modul pegawai toko untuk penugasan dan pelacakan kinerja, dan<br>modul kepala bengkel untuk pelaporan dan pengelolaan produksi. Selain itu, modul pemilik memungkinkan<br>pengambilan keputusan strategis dan pemantauan kinerja bisnis. Pelaku industri mebel dapat menikmati<br>peningkatan produktivitas dan efisiensi waktu dengan menerapkan sistem informasi. Dalam penelitian<br>menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara langsung pada<br>pemilik toko. Perancangan ini bertujuan mengintegrasikan seluruh sistem operasional dan efisiensi dalam<br>pengelolaan Cv. Dini Furniture dan hasil dari perancangan ini menunjukkan bahwa ada perbaikan dalam<br>penyimpanan data penjualan yang sistematis sehingga dapat mengoptimalkan sistem produksi dan sistem<br>keuangan secara langsung</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3933Analisis Komparatif Optimasi Kinerja Jaringan dalam Pemrograman Jaringan: Studi Kasus OpenFlow dan Protokol P42024-07-01T16:27:03+07:00Muhamad Fahrezamuhamad.fahreza@upi-yai.ac.idMuhammad Zulfachri Rfahrimuhammad085@gmail.comEssy Malays Sari Saktiessy.malays@gmail.com<p>Seiring dengan peningkatan kebutuhan dan infrastruktur pemrograman jaringan telah menjadi<br>fokus utama dalam upaya meningkatkan efisiensi dan keamanan infrastruktur jaringan. Dua<br>pendekatan utama dalam pemrograman jaringan adalah Software-Defined Networking (SDN)<br>dengan protokol OpenFlow dan Protokol P4 (Programming Protocol-Independent Packet<br>Processors). SDN dengan OpenFlow memungkinkan kontrol jaringan terpusat dan fleksibilitas<br>yang lebih tinggi dalam manajemen lalu lintas, sementara P4 memberikan kemampuan untuk<br>mendefinisikan perilaku paket pada tingkat yang sangat spesifik dan protokol-independen.<br>Penelitian ini menggabungkan hasil dari dua studi terpisah untuk memberikan pandangan<br>komprehensif tentang kinerja dan keamanan dalam pemrograman jaringan. Metodologi penelitian<br>ini mencakup eksperimen dengan SDN berbasis OpenFlow dan studi kasus dengan Protokol P4.<br>Hasil pengujian menunjukkan bahwa OpenFlow unggul dalam optimasi kinerja jaringan,<br>sedangkan P4 menunjukkan keunggulan dalam aspek keamanan dan fleksibilitas dalam<br>pengolahan paket. Temuan ini memberikan panduan bagi para profesional IT dan peneliti dalam<br>memilih dan mengimplementasikan solusi pemrograman jaringan yang paling sesuai dengan<br>kebutuhan spesifik mereka.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3934Analisis Keamanan Jaringan 5G: Ancaman dan Upaya Mitigasi2024-07-01T16:34:50+07:00Sahrul Gunawansahrul.gunawan.2144190023@upi-yai.ac.idAtha Agdo Ramdi Santosaatha.agdo.ramdi.s.2144190017@upi-yai.ac.idEssy Malays Sari Saktiessy.malays@gmail.com<p>Jaringan 5G, sebagai generasi terbaru dari teknologi komunikasi seluler, menawarkan<br>peningkatan signifikan dalam kecepatan, kapasitas, dan konektivitas. Namun, seiring<br>dengan keuntungan yang dihadirkannya, jaringan ini juga membawa serangkaian tantangan<br>baru terkait keamanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ancaman keamanan<br>yang dihadapi oleh jaringan 5G dan mengidentifikasi strategi mitigasi yang efektif. Melalui<br>tinjauan literatur yang komprehensif dan studi kasus terkini, kami mengkategorikan<br>ancaman utama yang meliputi serangan pada protokol komunikasi, risiko terhadap privasi<br>pengguna, dan potensi eksploitasi oleh perangkat IoT yang terhubung. Selain itu, kami<br>mengevaluasi berbagai pendekatan mitigasi, termasuk penerapan enkripsi end-to-end,<br>penggunaan teknologi kecerdasan buatan untuk deteksi anomali, dan peningkatan<br>kerjasama antara penyedia layanan dan regulator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan<br>bahwa meskipun jaringan 5G menghadirkan risiko keamanan yang signifikan, adopsi<br>strategi mitigasi yang tepat dapat secara substansial mengurangi kerentanan dan<br>meningkatkan ketahanan sistem. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembang,<br>penyedia layanan, dan pembuat kebijakan dalam upaya bersama untuk mengamankan<br>infrastruktur komunikasi masa depan.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3935Analisis Perbandingan Metode dan Performa Antara Suricata dan Snort2024-07-01T16:38:33+07:00Fathin Faturahman Fikri2144190022_fathin@upi-yai.ac.idFirman Ardiansyahfirman.ardiansyah.2144190014@upi-yai.ac.idEssy Malays Sari Saktiessy.malays@gmail.com<p>Perkembangan internet dan jaringan komputer pada masa kini memberikan banyak manfaat dan<br>keuntungan bagi para pengguna. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengguna Internet<br>mulai dari mencari informasi dan juga sebagai media hiburan. Namun, dibalik semua keuntungan<br>yang diberikan internet terdapat ancaman yang beragam macam. Dari masalah tersebut instansi<br>pemerintah berusaha melindungi data, baik data publik maupun data privasi. Maka dari itu,<br>Instruction Detection System (IDS) yang merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk<br>memantau aktivitas jarigan atau sistem dan mendeteksi aktivitas yang membahayakan pengguna.<br>Beberapa software yang umum digunakan yaitu: Snort, Suricata, dan lainnya. Namun beberapa<br>aplikasi tersebut pastinya memiliki fungsi untuk mencegah serangan dari oknum yang tidak<br>dinginkan.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3936Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Di Sekolah MI Izharul Ulum Berbasis Web2024-07-01T16:43:17+07:00Ade Irmayantiadeirmaaiy@gmail.comTadonny Vanitdvnabul@gmail.comFarysha Suciati Shiddiqahfaryshas@gmail.comDiena Ayu Putri Liandaranadienaayu22@gmail.com<p>Penelitian ini difokuskan pada pengembangan sistem informasi penerimaan siswa baru<br>MI Izharul Ulum berbasis web dengan menggunakan metode prototyping. Sistem ini<br>bertujuan untuk menyederhanakan proses penerimaan dan meningkatan efisiensi dan<br>akurasi pengelolaan data. Sebelumnya, proses penerimaan secara manual mengakibatkan<br>kesalahan, keterlambatan pemrosesan informasi, dan kesulitan dalam mengakses data.<br>Sistem berbasis web dirancang untuk mengatasi masalah ini. Metode prototyping dipilih<br>karena kemampuannya memfasilitasi interaksi intensif antara pengembang dan pengguna,<br>sehingga menghasilkan system dengan fitur seperti pendaftaran online, verifikasi data,<br>pemrosesan skor seleksi, dan pengumuman hasil penerimaan. Sistem ini<br>diimplementasikan menggunakan teknologi web modern dan diuji fungsionalitasnya.<br>Sistem baru ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas prosses<br>penerimaan mahasiswa baru di MI Izharul Ulum, memberikan pengalaman yang lebih baik<br>bagi calon siswa dan orang tua.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3937Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Perpustakaan Berbasis Website Di SMP Negeri 4 Bulik2024-07-01T16:48:42+07:00Ade Irmayantiadeirmaaiy@gmail.comWawan Setiawanadeirmaaiy@gmail.comArnoldus Yansen Friska Danar Yudhistiraarnoldusdanar@gmail.comFirna Safitrifirnasafit@gmail.comRisti Pristika Tariganristipristika@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk memahami sistem informasi pelayanan perpustakaan di<br>SMP Negeri 4 Bulik. Masalah utama yang ingin dipecahkan adalah bagaimana merancang<br>sebuah website perpustakaan untuk sekolah tersebut. Saat ini, beberapa data masih<br>disimpan dalam buku besar, yang berisiko hilang jika terjadi kerusakan pada buku tersebut.<br>Pelayanan perpustakaan di SMP Negeri 4 Bulik menghadapi berbagai kendala, seperti<br>proses peminjaman dan pengembalian buku, pendataan buku, dan pembuatan laporan. Oleh<br>karena itu, sistem administrasi yang efektif sangat penting untuk meningkatkan pelayanan<br>perpustakaan. Aktivitas sehari-hari perpustakaan sekolah, seperti penginputan dan<br>pengolahan data, masih dilakukan secara manual. Hal ini menunjukkan kebutuhan akan<br>sistem yang dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pelayanan perpustakaan. Penelitian<br>ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah sistem informasi pelayanan<br>perpustakaan berbasis website. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi<br>observasi, studi pustaka, wawancara, serta perencanaan, analisis, perancangan,<br>pemrograman, implementasi, dan pengoperasian. Penelitian ini menggunakan metode<br>prototipe untuk mendapatkan gambaran perancangan sistem dalam bentuk mockup. Hasil<br>dari penelitian ini diharapkan dapat membantu memperbaiki proses pelayanan<br>perpustakaan di SMP Negeri 4 Bulik.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3938Perancangan Dashboard Untuk Monitoring Simpan Pinjam Pada Koperasi Bersama Untuk Maju Jakarta2024-07-01T16:54:29+07:00Yose Ferrel Djauhariyose_ferrel_19@upi-yai.ac.idAhmad Muhammad Thantawithantawi@upi-yai.ac.id<p>Koperasi Bersama Untuk Maju adalah salah satu koperasi yang menyediakan simpanan dan<br>pinjaman kepada anggotannya. Dalam melakukan proses pengelolaan data admin mengalami<br>kesulitan karena menggunakan microsoft excel. Untuk mendukung proses pengelolaan data maka<br>dibutuhkan aplikasi / tools agar proses pengelolaan data dapat menjadi lebih efektif dan efisien.<br>Aplikasi atau tools ini adalah Microsoft power BI dengan menggunakan metode BIR (Business<br>Intelligence Roadmap) tools yang digunakan berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan dapat<br>memudahkan admin dalam pengelolaan data.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3939Pembelajaran Analisis Teknologi Jaringan Menggunakan Router Dan Switch Di Aplikasi Graphical Network Simulator2024-07-01T17:00:49+07:00Revca Maulana Dewaremaldee@gmail.comReshyandanu Reshyandanurehyandanu@gmail.comEssy Malays Sari Saktiessy.malays@gmail.com<p>Mempelajari teknologi jaringan sangat penting di era digital ini karena menjadi infrastruktur dasar<br>untuk banyak layanan digital. Penelitian ini bertujuan agar bisa menganalisis pembelajaran<br>teknologi jaringan menggunakan Graphical Network Simulator (GNS3), alat simulasi yang<br>populer untuk mempelajari jaringan. Metodologi yang digunakan ialah studi literatur, dengan<br>mengumpulkan dan menganalisis sumber-sumber relevan terkait konsep jaringan komputer,<br>switch, router, dan penggunaan GNS3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan GNS3<br>memungkinkan pengguna aplikasi jaringan untuk memahami interaksi switch dan router dalam<br>jaringan, mengembangkan keterampilan konfigurasi dan pemecahan masalah, serta memahami<br>teknologi jaringan dan protokol untuk mengoptimalkan kinerja dari jaringan. Simulasi ini juga<br>memfasilitasi pemahaman tentang strategi keamanan jaringan dan mempromosikan kolaborasi<br>antar pengguna. Secara keseluruhan, GNS3 memberikan platform yang begitu berfungsi euntuk<br>memperdalam pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta bisa merancang jaringan yang<br>inovatif dan aman, mempersiapkan praktisi untuk menghadapi tantangan dalam dunia jaringan<br>yang terus berkembang.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3940Analisa dan Implementasi Jaringan Local Area Network Menggunakan VLAN dan VoIP SIP pada Mobile Phone di Jaringan Bluetooth2024-07-01T17:13:42+07:00Rio Suryo BagaskoroRiobagasthp@gmail.comFaisal FaisalIsalsilva265@gmail.comWahyu Rizky AlbarokahWhyurzky56@gmail.com<p>Seiring dengan perkembangan teknologi VoIP yang ada, berbagai macam media komunikasi ikut<br>berkembang, salah satunya bluetooth. Adanya teknologi Bluetooth Network Encapsulation Protocol<br>(BNEP) membuat buetooth bekerja selayaknya perangkat yang berada pada jaringan Internet<br>Protocol (IP). Teknologi VoIP merupakan teknologi yang menggunakan IP untuk membawa suara<br>menjadi paket data.Sedangkan Session Initiation Protocol (SIP) merupakan protokol VoIP berbasis<br>text yang dibangun secara IP-based. Pada penelitian ini akan dibangun sebuah VoIP SIP server dan<br>menambahkan bluetooth dongle pada server tersebut. Bluetooth akan digunakan sebagai access<br>point yang memberikan IP-BNEP pada setiap klien secara dinamis. Setelah itu akan dibuat program<br>otomasi sistem access point yang diintegrasikan dengan jaringan LAN menggunakan bahasa<br>pemrograman shell. Program otomasi sistem tersebut dijalankan secara otomatis ketika komputer<br>server start-up. Server ini dapat diakses oleh setiap klien bluetooth dan juga klien yang berada di<br>jaringan LAN dengan menggunakan softphone. Dari penelitian ini didapatkan bahwa registrasi SIP<br>bluetooth klien dapat menjangkau maksimal 20meter dari server VoIP SIP dengan nilai throughput<br>1,68kbps. Rata-rata QoS dari komunikasi antar PDA bluetooth menghasilkan delay sebesar 30ms<br>dan packet loss sebesar 3,77%.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3941Penerapan Protokol TCP/IP dalam pemrograman jaringan untuk aplikasi Client - Server2024-07-01T17:18:06+07:00Muhammad Zidan Ramdanizidanemuhammad6969@gmail.comMochamad Humam Afifhumamafi28@gmail.comEssy Malays Sari Saktiessy.malays@gmail.com<p>Penelitian ini menyajikan studi kasus penerapan protokol TCP/IP dalam pengembangan aplikasi<br>client-server, yang merupakan model komunikasi fundamental dalam jaringan komputer. Fokus<br>utama dari studi ini adalah untuk mengeksplorasi cara protokol TCP/IP dapat digunakan secara<br>efektif dalam pemrograman jaringan untuk memastikan komunikasi yang andal dan efisien<br>antara klien dan server</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3943Deteksi Jenis Sampah Plastik Berbasis Mobile Menggunakan Model Transfer Learning2024-07-01T18:09:45+07:00Yanuar Gintingyanuarginting@gmail.comKusdarnowo Hantorokusdarnowo@dsn.ubharajaya.ac.idAjif Yunizar Pratama Yusufajif.yunizar@dsn.ubharajaya.ac.id<p>Penanganan sampah plastik di Indonesia telah menjadi fokus utama dalam upaya menjaga<br>lingkungan yang berkelanjutan. Meskipun telah ada langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini,<br>tantangan yang dihadapi tetap besar. Kurangnya literasi masyarakat dalam mengenali jenis sampah<br>plastik menjadi salah satu hambatan utama, yang menyebabkan sebagian besar sampah plastik<br>berakhir di tempat pembuangan sampah yang tidak terkontrol. Data dari Kementerian Lingkungan<br>Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN)<br>menunjukkan bahwa limbah plastik masih stagnan sekitar 16-18% dalamlima tahun terakhir. Hal<br>ini memperlihatkan bahwa masalah sampah plastik belum mengalami penurunan yang signifikan.<br>Di samping itu, rendahnya kesadaran masyarakat mengenai dampak negatif penggunaan plastik<br>sekali pakai juga menjadi permasalahan serius. Ketergantungan pada plastik sekali pakai, seperti<br>kantong plastik, gelas, dan botol minuman masih tinggi di Indonesia. Untuk mengatasi masalah<br>ini, telah dilakukan upaya implementasi teknologi image classification menggunakan model<br>transfer learning. Dalam konteks ini, metode pengembangan aplikasi menggunakan pendekatan<br>Waterfall. Transfer learningmemanfaatkan model MobileNet yang telah dilatih sebelumnya pada<br>dataset jenis sampah plastik menghasilkan akurasi sebesar 98% untuk data training dan 98% untuk<br>data validation. Teknologi ini diharapkan dapat membantu dalam mengenali dan<br>mengklasifikasikan jenis sampah plastik, serta mendukung sistem pengelolaan sampah yang lebih<br>baik, termasuk dalam pemilahan, daur ulang, dan pengolahan limbah plastik. Dengan demikian,<br>upaya ini dapat menjadi langkah penting dalam mengurangi dampak negatif sampah plastik<br>terhadap lingkungan di Indonesia.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3946Pemantauan dan Pengawasan Serangan Siber SSH Brute Force di Indonesia dengan IBM QRadar Community Edition2024-07-01T19:10:40+07:00William Christopherwilliam.christoper@upi-yai.ac.idRafli Zulfargian Hermawan22144190008_rafli@upi-yai.ac.id<p>Indonesia, sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan diiringi oleh<br>kemajuan teknologi yang cepat dan semakin maju, membuatnya dihadapi tantangan yang semakin<br>besar juga dalam menjaga keamanan jaringan dan sistem. Pada penelitian ini, metodologi yang<br>digunakan adalah studi literatur dan eksperimental. Studi literatur adalah proses pengumpulan dan<br>analisis informasi dari berbagai sumber yang relevan dengan topik penelitian. Berbagai percobaan<br>dilakukan melalui kegiatan eksperimental. Tujuannya adalah untuk membuktikan kemampuan<br>IBM QRadar Community Edition untuk mendeteksi ancaman keamanan dan mengidentifikasi<br>serangan. Hasil yang diberikan pada penelitian ini, IBM QRadar Community Edition dapat<br>memberikan sebuah log yang terjadi kepada security analys ketika pengguna diserang oleh<br>penyerang menggunakan SSH Brute Force.Dalam penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa<br>pemantau dan pengawasan sebuah sistem dan jaringan sangat penting untuk melindungi dari<br>berbagai serangan yang merugikan berasal dari penyerang. IBM QRadar Community Edition<br>dapat dijadikan solusi untuk melakukan hal tersebut. Dengan mengimplementasikan IBM QRadar<br>Community Edition ini dapat secara efektif dalam mendeteksi sebuah anomali yang terjadi, dan<br>hal ini dapat mengurangi risiko yang terjadi terhadap sebuah data dan meminimalkan kerugian<br>yang terjadi.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3947Analisis Perencanaan Pembangunan Jaringan Berbasis Kabelisasi SUTM Menjadi SKTM Pada Wilayah KSPN Borobudur Berbasis Perangkat Lunak2024-07-01T19:15:27+07:00Khairun Nisam.budiyanto@ugm.ac.idSri Lestarim.budiyanto@ugm.ac.idMaun Budiyantom.budiyanto@ugm.ac.id<p>Salah satu yang menjadi perhatian khusus di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)<br>yaitu nilai estetika di kawasan tersebut. Salah satu yang dapat mendukung hal ini yaitu<br>dipastikannya saluran tenaga listrik tertata rapi, aman dan juga handal. Terdapat beberapa faktor<br>yang mempengaruhi keandalan penyaluran listrik yaitu gangguan yang diakibatkan cuaca, petir,<br>dan juga gangguan sentuhan ranting pohon yang mengenai jaringan hal ini akan menjadi masalah<br>jika dalam kondisi penggunaan saluran udara. Pada penelitian ini dilakukan berdasarkan simulasi<br>ETAP, yang akan menjadi bahan perbandingan dengan perhitungan manual berdasarkan besar<br>jatuh tegangan dan rugi daya antara SUTM dan SKTM. Sehingga didapatkan hasil jatuh tegangan<br>sebelum kabelisasi berdasarkan software ETAP sebesar 1,959 kV dan menjadi 1,646 kV. Dan<br>untuk hasil rugi daya berdasarkan hasil simulasi ETAP ini didapat hasil 675.4 kW menjadi 643.4<br>kW. Dari hasil simulasi didapatkan penurunan besar jatuh tegangan dan rugi daya setelah<br>penggunaan SKTM, hal ini dapat terjadi karena ada perbedaan kabel penghantar SUTM dan<br>SKTM yang menjadi solusi dalam mendukung keandalan sistem tenaga listrik.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3948Perbandingan Implementasi Algoritma Aes Dalam Pemrograman Jaringan Dan Analisis Algoritma Enkripsi Untuk Pengamanan Komunikasi Jaringan2024-07-01T19:19:43+07:00sr Asritsriasri@gmail.comTigor Peryantotigorperyanto@gmail.comEssy Malays Sari Saktiessy.malays@gmail.com<p>Pengamanan komunikasi jaringan merupakan aspek krusial dalam pengembangan<br>aplikasi berbasis jaringan. dua pendekatan utama dalam menghadapi tantangan ini adalah<br>melalui implementasi langsung dari algoritma enkripsi dan analisis komprehensif terhadap<br>berbagai algoritma enkripsi yang tersedia. dalam penelitian ini, kami membandingkan dua<br>pendekatan ini melalui dua jurnal terpisah. jurnal pertama, "implementasi algoritma AES<br>dalam pemrograman jaringan untuk komunikasi aman", mengeksplorasi implementasi<br>praktis dari Advanced Encryption Standard (AES) dalam pengembangan aplikasi jaringan.<br>di sisi lain, jurnal kedua, "analisis algoritma enkripsi untuk pengamanan komunikasi<br>Jaringan", mengadopsi pendekatan analitis untuk mengevaluasi dan membandingkan<br>berbagai algoritma enkripsi yang ada. melalui perbandingan ini, kami menyajikan<br>kontribusi yang unik dalam memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing<br>pendekatan, serta memberikan wawasan yang berharga bagi para pengembang dalam<br>memilih strategi yang paling sesuai dengan kebutuhan keamanan aplikasi jaringanmereka</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3949Pengembangan Sistem informasi Pengajuan Proposal Penelitian Dan Pengabdian Berbasis Website Studi Kasus : P3M Politeknik Lamandau2024-07-01T19:22:16+07:00Ade iadeirmaaiy@gmail.comMuhammad Akbar Zulkarnaenmuhammadakbar39813@gmail.com<p>Politeknik Lamandau memiliki lembaga yang mengelola penelitian dan pengabdian dosen-dosen<br>di Politeknik Lamandau. lembaga ini berdiri dengan nama “Pusat Penelitian dan Pengabdian<br>kepada Masyarakat”. Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) bertugas dalam<br>mengelola segala dokumen penelitian dan pengabdian serta memfasilitasi dosen-dosen dalam<br>melakukan penelitian dan pengabdian seperti menyediakan pendanaan terhadap penelitian atau<br>pengabdian serta mendukung dengan memberikan bimbingan bila diperlukan. Sistem yang<br>berjalan pada P3M saat ini yang masih menggunakan sistem manual, hal ini memiliki beberapa<br>permasalahan yaitu komunikasi antara pihak yang terlibat dalam proses seringkali tidak<br>terkoordinasi dengan baik, mengakibatkan keterlambatan dalam respons dan pengambilan<br>keputusan oleh P3M. Semua ini dapat mengakibatkan tertundanya pelaksanaan proyek penelitian<br>dan pengabdian. Berdasarkan masalah itu maka diperlukan pengembangan sistem informasi<br>pengajuan proposal penelitian dan pengabdian berbasis website. pengembangan dilakukan dengan<br>pemodelan proses bisnis, analisis kebutuhan, kemudian perancangan dan implementasi sistem.<br>Pengembangan sistem ini menggunakan metode Rapid Application Depelopment (RAD) dan<br>framework PHP Codeigniter serta dilakukan pengujian dengan metode black-box.</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/3950Rancang Bangun Sistem Perpustakaan Pada SMA Perguruan Rakyat 3 Dengan Metode Agile Untuk Memudahkan Akses Dan Peminjaman Buku2024-07-01T19:25:40+07:00Agus Wismo Widodoaguswismo462@gmail.comDian Gustinadian.gustina@upi-yai.ac.idFery Kurniawanferykurniawan831@gmail.com<p>Sistem Informasi Perpustakaan di Program studi Sistem Informasi memiliki fungsi sebagai<br>sarana penunjang mahasiswa dalam belajar diluar jam kuliah. Sistem Informasi<br>perpustakaan yang sedang berjalan masih memiliki kekurangan-kekurngan seperti mendata<br>buku yang ada, mencari data buku, sistem transaksi peminjaman, pengembalian dan<br>pembuatan laporan data perpustakaan yang belum menggunakan sistem terkomputerisasi.<br>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sistem Informasi perpustakaan yang sedang<br>berjalan, membuat perancangan sistem Informasi perpustakaan, melakukan pengujian<br>sistem dan mengimplementsikannya.<br>Metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan sistem Informasi perpustakaan<br>berbasis web ini adalah metodologi Prototype yang meliputi identifikasi kebutuhan pemakai,<br>pembuatan prototype, pengujian prototype, perbaikan prototype dan pengembangan versi<br>produksi yang diharapkan dapat membantu dalam perancangan sistem ini. Untuk metode<br>desain penelitian dengan menggunakan metode deskriptif, sedangkan metode pengumpulan<br>data menggunakan metode observasi dan wawancara. Mengadakan pengujian terhadap<br>sistem aplikasi dengan menggunakan metode Blackbox. Tahap akhir adalah<br>mengimplementasikan sistem informasi yang meliputi implementasi perangkat lunak,<br>perangkat keras, basis data serta antar muka dari aplikasi yang dihasilkan</p>2024-07-01T00:00:00+07:00Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/TEKINFO/article/view/4427Aplikasi Pengenalan Tank Perang Dunia 2 Berbasis Augmented Reality Android Menggunakan Vuforia Dan Unity2024-11-14T10:15:56+07:00Muhammad Naufal Febryannaufalfebryan1@gmail.comAgustine Hana Masitohhagustine65@gmail.com<p><em>Augmented Reality, is a technology that combines the dimensions of the real world and the virtual world that is displayed in real time. Augmented Reality is not like virtual reality which completely replaces what is in the real world, but only adds or complements. This is done by displaying a three-dimensional object on the marker, which is a pattern that is unique and can be recognized by the application. Smartphones allow the development of Augmented Reality applications easily and can be accessed by many users. Augmented Reality can be used in various fields, one of which is history, Augmented Reality can be used to show tanks that existed during World War 2 in virtual form and can see the model in detail. From this statement, the author implements the results of the research into the World War 2 Tank Recognition application using Android- based Augmented Reality Technology. The purpose behind making the application is to introduce to the public the types of tanks that existed during the war.</em></p>2024-10-23T00:00:00+07:00Copyright (c)