PENGARUH MEREK, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BOLA SEPAK

  • Maskarto Lucky Nara Rosmadi
  • Jefry Romdonny
Keywords: Merek, Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merek, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan
pembelian PT. Sinjaraga Santika Sport. Metode yang digunakan adalah analisis jalur, karena disamping ingin
mendapatkan gambaran mengenai keputusan pembelian yang dikaitkan dengan merek, promosi, dan kualitas
produk, juga ingin mendapatkan gambaran tentang hubungan dan pengaruh dari variabel-variabel penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa merek sudah pada tingkatan baik, promosi pada posisi yang kurang baik,
serta kualitas produk ada pada tingkatan baik. Secara umum, merek, promosi, dan kualitas produk berpengaruh
terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh merek adalah paling signifikan terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh secara parsial variabel merek terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,286 atau 28,60%,
variabel promosi terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,272 atau 27,20%, dan variabel kualitas produk
terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,207 atau 20,70%. Pengaruh secara simultan merek, promosi,
dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,765 atau 76,50%, sedangkan 0,235 atau
23,50% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian yang
dilakukan, maka variabel merek, promosi, dan kualitas produk apabila digabungkan akan memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap keputusan pembelian PT. Sinjaraga Santika Sport.

Published
2018-02-02