PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN BISNIS MAKANAN DAN MINUMAN DI BEKASI TERHADAP PEMENUHAN KEPUASAN KONSUMEN
Abstract
Meningkatnya persaingan bisnis ritel maka perusahaan harus bisa mengetahui dan memahami kebutuhan dan
keinginan konsumen sebagai fokus utama. Perusahaan harus bisa mengetahui bagaimana cara agar dapat menarik
konsumen baru supaya puas dan loyal serta mempertahankan konsumen lama tetap loyal.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelayanan Kualitas industri makanan dan minuman di Bekasi
menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Kualitas layanan diukur Dengan membandingkan layanan aktual
dengan layanan yang diharapkan untuk menemukan Customer Satisfaction Index (CSI). Sedangkan bauran
pemasaran diukur dengan membandingkan produk, harga, tempat dan promosi. Metode pengambilan sampel yang
digunakan dengan teknik pengambilan sampel secara random Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini
adalah 100 orang konsumen di Kota Bekasi. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan
menggunakan analisis data secara primer dengan cara survey dan kuisioner dan analisis data secara sekunder. Alat
analisinya yang dipergunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda,
pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian variabel yang
di uji dengan persial adalah kualitas pelayanan, variabel bauran pemasaran, dan variabel kepuasan pelanggan (Y),
Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan bauran pemasaran positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Dan kualitas pelayanan dan bauran pemasaran positif dan signifikan terhadap Kepuasan
Pelanggan secara bersama-sama.