PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MATAHARIMALL.COM

  • Estu Mahanani
Keywords: Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel Citra Merek (X1), Kualitas Produk (X2), Harga
(X3) dan Gaya Hidup (X4) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini merupakan studi kasus dengan
metode penelitian asosiatif interaktif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Persada Indonesia
Yayasan Administrasi Indonesia (UPI-Y.A.I.). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive
sampling sebanyak 97 responden yaitu mahasiswa/i FE UPI-Y.A.I. Kampus A yang pernah melakukan
transaksi pembelian MatahariMall.com. Pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan kuesioner.
Analisa data kuantitatif mencakup analisis determinasi dan regresi linear berganda (simultan), serta uji hipotesis
uji-t dan uji-F.
Hasil pengolahan data dengan program SPSS 19.0 for windows. Nilai koefesien determinasi (R2)
sebesar 0.359 artinya 35.9% variasi dari variabel keputusan pembelian dapat diprediksi dari kombinasi seluruh
variabel citra merek, kualitas produk, harga dan gaya hidup. Persamaan regresi diperoleh ?= 4,673+ 0,0307 X1+
0,498 X2-0,19 X3 + 0,222 X4. Nilai F hitung sebesar 14.468 dengan nilai signifikansi 0,000, artinya secara
serentak seluruh variabel Citra merek, kualitas produk, harga dan gaya hidup berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan pembelian. Semakin tinggi citra merek, kualitas produk dan gaya hidup akan semakin
meningkatkan keputusan membeli. Namun variabel harga berpengaruh negatif terhadap keputusan membeli.
Semakin tinggi harga yang ditawarkan akan menurunkan keputusan membelinya karena harga yang ditawarkan
masih dianggap mahal. Model regresi dari hasil penelitian ini terbukti benar dan layak digunakan untuk
peramalan.

 

Published
2018-01-30