Penilaian Modul Pemasaran Produk Busana Siswa-Siswi Kelas 12

  • Dewi Suliyanthini FT-UNJ
  • Brelianita Rizka Melati FT-UNJ
  • Eneng Lutfia Zahra FT-UNJ
Kata Kunci: Penilaian, Modul, Pemasaran Produk

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Modul Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Materi
Pemasaran Produk Busana kemudian dilakukan penilaian kepada panelis ahli dan siswa-siswi kelas 12.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif dan
teknik analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) tertutup-terbuka
(campuran) Kepada Panelis Ahli dan siswa-siswi kelas 12 dengan menggunakan indikator dari
karakteristik modul yang meliputi aspek Self Instruction, Self Contained, Stand Alone, Adaptif, User
Friendly, dan juga menggunakan indikator dari elemen mutu modul yang meliputi aspek format,
organisasi, daya tarik, bentuk dan ukuran huruf, ruang (spasi kosong), dan konsistensi. Hasil dari
penelitian penilaian modul pemasaran produk busana berdasarkan karakteristik modul oleh 4 panelis ahli
dan 26 siswa-siswi kelas 12 mendapat persentase sebesar 92.758620689655% dan 89.25729443%. Hasil
dari penelitian penilaian modul pemasaran produk busana berdasarkan elemen mutu modul oleh 4 panelis
ahli dan 26 siswa-siswi kelas 12 mendapat persentase sebesar 93.78787879% dan 88.67132868%.
Kemudian secara keseluruhan penilaian modul pemasaran produk busana oleh 4 panelis ahli dan 26
siswa-siswi kelas 12 mendapat nilai persentase sebesar 93.30645161% dan 88.94540942% sehingga
modul berada dalam kategori sangat baik

Diterbitkan
2023-10-23