OPTIMALISASI ORGANISASI PEMBELAJARAN UNTUK MENDORONG PERILAKU INOVATIF PEGAWAI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis optimalisasi organisasi pembelajaran dalam mendorong perilaku inovatif karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Data diperoleh melalui tinjauan pustaka dan dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa perilaku inovatif karyawan diperlukan dalam proses pembelajaran bahwa organisasi perlu merevitalisasi peningkatan perilaku inovatif karyawan melalui organisasi pembelajaran yang dapat dilakukan dengan: mencoba meningkatkan komitmen manajerial secara optimal dan berkelanjutan; mendorong perspektif sistem dalam operasi organisasi; mendorong keterbukaan dan eksperimentasi melalui penerimaan atau adopsi ide-ide baru, independensi pemecahan masalah, inovasi, eksperimen, integrasi pengetahuan eksternal, kreativitas, pembelajaran berkelanjutan, belajar dari pengalaman masa lalu, belajar dari orang lain, kewirausahaan, variasi operasional; mendorong dan memfasilitasi transfer dan integrasi pengetahuan di antara karyawan, terutama dalam membangun dan mewujudkan kinerja dan pembelajaran tim, integrasi pengetahuan internal, transfer pengetahuan eksternal, pemecahan masalah kelompok, dan orientasi tim.