Efektivitas Endorsement Terhadap Brand Awareness

  • Kayla Rifa Atala Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Siti Komsiah Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstract

Saat ini Perusahaan bidang perawatan wajah atau skincare sedang gencar dalam bersaing untuk memperkenalkan dan membangun kesadaran merek pada masyarakat. Perusahaan memerlukan alat komunikasi guna menarik perhatian masyarakat dengan memberikan informasi secara luas terkait sebuah merek. Belakangan ini, endorsement sedang ramai digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness dengan memanfaatkan tokoh terkenal dalam memasarkan produk dari suatu brand seperti The Originote. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan endorsement terhadap brand awareness The Originote. Penelitian ini menggunakan model DAGMAR (Defining Action Goals For Measured Advertising Result). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif melalui metode penelitian survei yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan endorsement terhadap brand awareness. Teknik pengumpulandata melalui kuesioner kepada 100 responden followers Tiktok @theoriginote. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi, regresi, koefisien determinasi, dan uji t. Hasil korelasi atau hubungan antara endorsement terhadap brand awareness adalah tergolong tinggi, kuat. Pada koefisien regresi menunjukkan nilai yang positif, artinya hubungan antar kedua variabel bergerak searah dan koefisien determinasi sebesar 53,1%. Hasil pada uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel, artinya terdapat pengaruh antara endorsement terhadap brand awareness. Dapat diartikan bahwa penggunaan endorsement efektif terhadap brand awareness The Originote.

Published
2023-11-30