Implementasi IMC Rumah Sakit Premier Bintaro
Abstract
Bisnis yang berkembang harus mampu memberikan produk berupa barang atau jasa dengan kualitas dan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan akan membawa manfaat seperti citra perusahaan baik di mata masyarakat. Salah satu bisnis yang memiliki daya saing tinggi adalah bisnis kesehatan, yaitu rumah sakit (Djauzi, 2023). Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya rumah sakit atau klinik swasta yang didirikan (Nindy et al., 2023). Citra dalam media digital akan terbentuk saat kita mengunggah sebuah sebuah konten media digital (Fadiyah & Simorangkir, 2021). Salah satu media social yang digunakan dalam kajian marketing adalah Instagram (Fadiyah & Simorangkir, 2021). Untuk itu penelitian ini menggunakan teori new media sebagai dasar. Penelitian ini mengadopsi paradigma interpretif, dengan implementasi studi kasus deskriptif. Data dalam penelitian ini akan didapat melalui wawancara dengan pihak humas rumah sakit premier bintaro. Data sekunder didapat melalui kajian pustaka. Berdasarkan hasil penelitian diapati bahwa untuk mencapai tujuan pertahanan citra baik dan peningkatan potensi calon pelanggan maka Rumah Sakit Premier Bintaro melakukan kegiatan komunikasi terpadu yang mengutamakan tiga elemen, yaitu public relations, advertising dan word of mouth. Ketiga elemen tersebut dilaksanakan dengan optimalisasi media social, yaitu Instagram.