Strategi Pemanfaatan Cross-Media Oleh Pro 2 Rri Denpasar Untuk Mendukung Geopark Sustainability Di Indonesia

  • Andyka Pratiwi Universitas Bakrie
  • Eli Jamilah Mihardja Universitas Bakrie
  • Prima Mulyasari Agustini Universitas Bakrie
Keywords: RRI, Radio, Cross-Media, Geopark, RRI Jalan-Jalan

Abstract

Strategi Cross-Media adalah pendekatan terintegrasi yang merancang, mengelola, dan mengoptimalkan
distribusi konten melalui berbagai platform media untuk mencapai audiens yang lebih luas dan mendalam. Era
disrupsi informasi merupakan momentum yang tepat bagi RRI untuk melakukan perubahan dan adaptasi. Dalam
rangka merespon perkembangan teknologi, RRI mengembangkan layanan berbasis media baru sehingga mampu
menangkap ruang-ruang di media digital, dan juga meningkatkan keterlibatan publik karena sifat media sosial
yang partisipatif. RRI sebagai salah satu institusi media penyiaran publik, melakukan transformasi dengan
mengikuti perkembangan zaman dengan memasuki berbagai ruang digital sebagai bagian dari upaya mendukung
keberlanjutan Geopark di Indonesia. RRI memegang tugas dan peran penting dalam menyampaikan pesan dan
informasi tentang Geopark kepada masyarakat luas. RRI melihat potensi dan peluang dengan mengadopsi strategi
cross-media untuk memperluas jangkauan audiens melalui konten program RRI Pro 2 Kreatif Jalan-Jalan.
Pendekatan kualitatif dilakukan untuk melihat bagaimana praktik penerapan strategi cross-media. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perubahan kebijakan RRI menggunakan cross-media didasari oleh dua faktor bahwa RRI
sebagai media multiplatform. Pertama, RRI melakukan optimalisasi platform media sebagai sarana
penyebarluasan produk siaran. Kedua, penggunaan sarana multiplatform dioptimalkan agar mendapatkan
pengguna yang lebih masif. Konten program Pro 2 Kreatif Jalan-Jalan dilakukan melalui lima tahap yaitu
pertemuan rutin mingguan untuk merencanakan agenda program selama satu minggu mendatang, koordinasi
dengan pengisi acara, proses pembuatan material promosi, proses produksi, distribusi konten ke berbagai platform
ke berbagai platform, mencakup aplikasi RRI Digital, situs portal website rri.co.id, live relay siaran terestrial di
Pro 2 Denpasar, Pro 2 Singaraja, Pro 2 Mataram, saluran live YouTube RRI Denpasar, live Instagram, dan live
Fanspage. Hasilnya adalah RRI mampu mengembangkan program-program seperti Pro 2 Kreatif Jalan-Jalan terus
berinovasi dan mengikuti perkembangan terkini dalam industri media dan hiburan, bagaimana RRI dapat
meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Geopark dan mendukung upaya keberlanjutan Geopark di Indonesia.
Dengan memanfaatkan berbagai platform dan teknologi terkini, RRI terus berupaya untuk menjadi mitra
terpercaya bagi masyarakat dalam menyediakan informasi, hiburan, dan inspirasi yang bermanfaat melalui strategi
cross-media. Skema multiplatform sebagai upaya untuk mengedepankan serta menghadirkan siaran RRI yang
berpijak pada tiga prinsip dasar yaitu Great Contents, Great Packaging, dan Great Delivery. Sehingga RRI akan
menjadi radio publik yang dipercaya dan mendunia.

Published
2024-03-01