AKSELERASI PEMAHAMAN TENSES DALAM MENYUSUN KALIMAT NEGATIVE DENGAN MAGIC ROUND
Abstract
Penelitian ini merupakan hasil uji coba produk pengembangan media Magic Round seri 2 pada skala terbatas yang difungsikan untuk mengakselerasi pemahaman siswa ketika menyusun kalimat negative berbahasa Inggris pada semua jenis tenses. Sehingga tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan media yang dimaksud terhadap pemahaman siswa dalam menyusun kalimat negative. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa di kelas XI IIK-1. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen yaitu Pre-Ekperimental Designs. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik soal objektif. Data yang dikumpulkan, selanjutnya diolah dan dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tersebut pada penyusunan kalimat negative. Hasil dari pengolahan dan analisis data didapat rata-rata nilai pretest 55,32 dengan kategori sedang dan rata-rata nilai posttest 81,39 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan uji-t Paired Samples T-Test menghasilkan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sesuai dengan ketentuan, karena nilai probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolak maka yang menjadi jawaban dari hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan keterampilan menyusun kalimat negative yang signifikan antara nilai pretest dan posttest setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan magic round. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media magic round mempunyai pengaruh terhadap peningkatan penguasaan keterampilan menyusun kalimat negative.