E-SERVICE QUALITY OJEK ONLINE TERHADAP CUSTOMER RETENSION
Abstract
Transportasi online telah cukup berkontribusi secara signifikan untuk untuk memberikan pelayanan transportasi umum secara efisien, aman dan murah. Salah satu transportasi online yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah motor atau Ojek Online. Saat ini terdapat 3 nama yang merupakan pemain besar ojek online yaitu; Uber Motor, Grabbike dan Gojek. Ketiga perusahaan ini bersaing cukup ketat sehingga berbagai promo yang menarik disediakan untuk mendapatkan perhatian konsumen. Kepuasan konsumen merupakan target dari service yang diberikan oleh para pengemudi ojek online karena apabila konsumen merasa puas maka konsumen kerap kali akan melakukan transaksi ulang secara terus menerus (customer retention). Perbaikan dan perkembangan E- Service Quality yang dilakukan oleh pengelola menjadi dasar pertimbangan dalam rangka untuk memahami tuntutan dari konsumen. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi dan memahami faktor e-servqual yang mempengaruhi costumer retention. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian adalah analisis tanggapan konsumen ojek online tentang e-servqual yang telah dilakukan oleh pihak pengelola sehingga pihak pengelola dapat terus memperbaiki dan mengembangkan e-service quality. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Variabel independennya adalah elemen e- service quality yaitu information quality, security, website functionality, customer relationship, responsiveness dan fulfillment, sedangkan untuk variabel dependennya adalah customer retention. Populasi penelitian ini adalah konsumen ojek online dengan minimum usia adalah 12 tahun. Teknik pengambilan contoh menggunakan non probability incidental sampling. Menggunakan rumus Tabachnik dan Fidel, didapatkan jumlah total sampel sebesar 74 sampel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi dan interview serta menghimpun informasi melalui kuesioner yang mengunakan skala Likert melalui google form yang disebar secara online ke berbagai komunitas di daerah Jakarta dan Bekasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitasserta uji asumsi terhadap indikator kuesioner yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 17.0. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji t dan uji F. Pada uji validitas dan reabilitas diketahui data-data hasil penelitian bisa digunakan.