Pemanfaatan Iklan melalui Media Sosial Dalam Pemasaran Pariwisata Di Indonesia

  • Citra Pratiwi Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Siti Komsiah Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Susi Yunarti Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Nur Idaman Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Iklan, Media Sosial, Pemasaran Pariwisata, E-Tourism.

Abstract

ABSTRAK

      Pemanfaatan iklan (advertising) melalui media sosial dalam Komunikasi Pemasaran Pariwisata di Indonesia telah menjadi strategi yang signifikan. Di Indonesia, platform media sosial yang paling populer untuk pemasaran pariwisata meliputi Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan TikTok. Setiap platform ini memiliki keunikan dan audiens yang berbeda, sehingga perencana pemasaran perlu memahami karakteristik masing-masing platform untuk mencapai tujuan mereka. Konten visual seperti foto dan video memiliki daya tarik yang kuat dalam pemasaran pariwisata. Melalui media sosial, destinasi pariwisata di Indonesia dapat mempublikasikan foto-foto indah dari tempat-tempat wisata terkenal, kegiatan budaya, atau pengalaman unik yang dapat menarik minat wisatawan. Pendekatan penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan 9 Informan, 1 Key Informan untuk mengetahui Pemanfaatan Iklan Melalui Media Sosial Dalam Pemasaran Pariwisata Di Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada informan- informan. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Berdasarkan wawancara diketahui bahwa semua informan adalah pengguna yang paling dominan menggunakan media sosial. Media sosial yang digunakan untuk melihat iklan pemasaran pariwisata adalah Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, Tiktok dan Whatsapp. Dan fitur – fitur yang dipergunakan story, post, IGTV, reels, live,video short, community post, tweets, fleets, contac us, email, video pendek. Berdasarkan penelitian menunjukkan informan sangat tertarik dengan iklan pemasaran pariwisata mengenai destinasi Labuan Bajo, Raja Ampat, Candi Borobudur, dan juga destinasi lainnya seperti Wakatobi, Danau Toba, Dataran Tinggi Dieng, Pulau Peucang Taman Nasional Ujung Kulon, Floating Market dan destinasi lainnya diluar negeri. E-tourism bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan dalam memilih tujuan wisata, paket tour, transportasi dan akomodasi serta layanan pariwisata lainnya melalui aplikasi yang mudah digunakan.

Published
2024-07-31