SENTUHAN ARTIFICIAL INTELLEGENCE DALAM PROMOSI DIGITAL PADA DESA WISATA DI INDONESIA

  • Budi Setiawan Universitas Pradita
Keywords: Artificial Intelegence, Virttual Reality, Augmented Reality, Promosi Digital, Desa Wisata

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam konteks promosi
digital pada desa wisata di Indonesia, sebuah topik yang dipilih karena potensi teknologi
AI dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas strategi pemasaran pariwisata. Tujuannya
adalah untuk menyelidiki bagaimana AI dapat digunakan untuk meningkatkan
personalisasi pengalaman wisatawan, mengoptimalkan kampanye pemasaran dengan
analisis big data, serta mengidentifikasi tantangan infrastruktur digital dan kekhawatiran
privasi data yang terkait. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan literature review
dengan meninjau studi-studi terbaru dari jurnal-jurnal internasional dan nasional dalam
lima tahun terakhir. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan AI telah terbukti dapat
meningkatkan promosi berbasis digital melalui interaksi personal antara destinasi dan
pengunjung, serta memperbaiki efisiensi operasional melalui penggunaan chatbot dan
analisis data prediktif. Namun, tantangan infrastruktur digital yang terbatas dan kebutuhan
akan regulasi yang ketat terhadap privasi data menjadi hambatan utama dalam
implementasi AI di lingkungan desa wisata. Implikasi dari penelitian ini mendukung
perlunya pendekatan kolaboratif antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat lokal
untuk mengoptimalkan penerapan teknologi AI dalam mendukung promosi digital untuk
pengembangan pariwisata pedesaan yang berkelanjutan dan inklusif.
Kata kunci

Published
2024-10-26