Pengaruh Search Engine Optimization dan Social Media Marketing Tiktok Terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Shopee di Jabodetabek

  • Dedi Wibowo Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Sari Nalurita Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • I Gusti Ngurah Willy Hermawan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Reisa Aura Virahmi Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh search engine optimization dan social
media marketing tiktok terhadap minat beli konsumen pada e-commerce shopee di
Jabodetabek. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat di area Jabodetabek yang
menggunakan e-commerce shopee dan media social tiktok. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 100 responden dengan menggunakan rumus cochran. Pengolahan data
menggunakan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial search
engine optimization berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dan
social media marketing tiktok berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
konsumen. Secara simultan search engine optimization dan social media marketing tiktok
berpengaruh terhadap minat beli konsumen, dengan kontribusi sebesar 61,5%. Sedangkan
sisanya, sebesar 38,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak digunakan sebagai pengukuran
dalam penelitian ini.

Published
2024-10-26