Pengaruh Kualitas Pelayanan Elektornik Kartu Tanda Penduduk (E-Ktp) Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Sidoarjo)

  • Fauzia Nur Rohmah Universitas Negeri Surabaya
  • Rifda Zairima Qurotul A’in Universitas Negeri Surabaya
  • Mirza Farhana Universitas Negeri Surabaya
  • Reza Rodhiyatul Amalia Universitas Negeri Surabaya
  • Berlian Auliya Ramadhiani Universitas Negeri Surabaya
  • Siyam Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Riny Kusumawati Universitas Djuanda

Abstract

Pelayanan publik adalah kegiatan yang dilakukan atas dasar memenuhi kebutuhan masyarakat terkait barang atau jasa yang bersifat administratif sesuai peraturan perundang-undangan oleh penyedia pelayanan publik. Namun, fakta yang terjadi di lapangan justru menunjukkan sebaliknya, masyarakat beranggapan pelayanan publik saat ini masih kurang memenuhi kebutuhan masyarakat. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai acuan pengukuran kepuasan masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan E- KTP terhadap Kepuasan Masyarakat pada Disdukcapil Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran kuesioner dengan sampel 44 orang. Selain itu, data juga diperoleh dengan mempelajari berbagai literatur termasuk catatan, artikel, jurnal dan buku- buku yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni IKM kepuasan pelayanan E-KTP di Disdukcapil Sidoarjo. Berdasarkan sembilan indikator pelayanan publik memperoleh nilai 74,325 sehingga kategori penilaian kepuasan masyarakat adalah "Kurang Baik".

Published
2024-10-28