Pengaruh Pembelajaran Blended Learning terhadap Pengalaman Belajar Mahasiswa mata kuliah Ilmu Tekstil
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengalaman belajar mahasiswa saat perkuliahan ilmu tekstil dengan strategi blended learning di Universitas Negeri Jakarta pada mahasiswa angkatan 2021 sampai 2023. Metodologi penelitian kuantitatif deskriptif, jumlah sampel 90 mahasiswa. Uji validitas instrument dengan product moment pada indicator penelitian : perilaku, interaktivitas, kemandirian, aksesibilitas, pengayaan, sikap, keterampian, perubahan nilai. Analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran blended learning secara signifikan meningkatkan aspek Perubahan Nilai sebesar 3,16 ; Interaktivitas 3,45; perilaku 2,68 ; perubahan nilai 3,16; sikap 3,11.; keterampilan 3,02.Kemandirian 3,44.; aksesibilitas 3,05 dan pengayaan 2,88. Dapat disimpulkan bahwa setiap peningkatan dalam penerapan pembelajaran blended learning berkontribusi pada peningkatan pengalaman belajar, mengindikasikan bahwa blended learning memberikan dampak positif yang substansial terhadap pengalaman belajar mahasiswa terhadap perkembangan teknologi dalam pendidikan.
Kata kunci :;;