Brand Ambassador, Daya Tarik, dan Pesan Promosi terhadap Minat Beli Followers @Traveloka.id
Abstract
Penelitian ini berangkat dari ketertarikan penulis mengamati pemasaran digital pada akun @traveloka.id dalam persaingan bisnis di antara kompetitor sejenis. Berbasis penelitian kuantitatif, artikel ini menguji Elaboration Likelihood Theory yang memiliki asumsi bahwasanya informasi diperoleh melalui dua rute yakni central route dan peripheral route. Dengan mengangkat variabel Brand Ambassador, Daya Tarik Iklan, Pesan Promosi serta Minat Beli, penulis menggunakan metode survei dengan teknik purposive sampling terhadap 100 followers @traveloka.id di Instagram sebagai unit analisis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang sangat kuat di antara keseluruhan variabel. Serta, terdapat pengaruh signifikan secara simultan di antara Brand Ambassador, Daya Tarik Iklan, Pesan Promosi terhadap Minat Beli produk Traveloka.id dengan hasil Uji F yang memperoleh nilai 0,000 (Sig) < 0,05 () atau 79.227 (F hitung) > 3,09 (F tabel). Disamping pembuktian teori yang digunakan, temuan artikel ini semakin mempertegas penggunaan Instagram masih menjadi media sosial yang memberikan dampak efektif kepada penggunanya dan masih menjadi pilihan kuat bagi subjek di bawah usia 20 tahun yang sangat terpengaruh terpaan iklan.