Kompetensi Komunikasi Frontliner Dalam Memberikan Kepuasan Informasi Customer (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Bella Bekasi)
Abstract
Keberadaan frontliner di setiap lembaga pelayanan publik khususnya Rumah Sakit memiliki peran yang sangat penting dan menjadi garda terdepan dari Lembaga atau perusahaan yang menaunginya, sehingga apabila frontliner saat bertugas menghadapi konsumen menunjukkan kompetensi yang baik dan penuh kesungguhan hati dapat meningkatkan citra dari perusahaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi komunikasi frontliner di Rumah Sakit Bella Bekasi dalam memberikan kepuasan informasi customer/pasien. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kompetensi komunikasi. Pengertian kompetensi komuikasi adalah perwujudan keterampilan dan pengetahuan yang tepat ditampilkan melalui kemampuan berkomunikasi.Jenis penelitian ini adalah kualitatif, tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara kepada 5 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petugas front liner Rumah Sakit Bella Bekasi, sudah memiliki kompetensi komunikasi yang baik kepada Customer atau pelanggannya, Petugas sangat tanggap dan cepat dalam berkomunikasi pelanggannya agar costumer/ keluarga pasien sehingga memperoleh kepuasaan karena memperoleh pelayanan yang baik.