Produk Batik dengan Desain Motif Kembang Goyang khas Betawi

  • Rahayu Purnama Universitas Negeri Jakarta
  • Agisni Fitriani Universitas Negeri Jakarta
  • Wesnina Wesnina Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Batik, Batik Betawi, motif kembang goyang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian produk batik dengan desain motif kembang
goyang khas Betawi dan mengembangkan motif batik Betawi yang terinspirasi dari kuliner khas
Jakarta, khususnya kue kembang goyang. Metode yang digunakan yakni pendekatan preexperimental
dan desain penelitian one-shot case study. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data melalui tahap penyebaran
kuesioner tertutup-terbuka kepada empat panelis ahli. Penelitian ini menggunakan teori dimensi
produk menurut W.H.Mayall berdasarkan indikator hasil yang maksimal, bentuk yang beragam,
dan penampilan yang menarik. Hasil penelitian berdasarkan indikator hasil yang maksimal
memperoleh nilai 92,5 dengan sub indikator tertinggi yaitu keselarasan motif dengan identitas
budaya Betawi, dan sub indikator terendah yaitu fleksibilitas penggunaan motif. Hasil dari
penelitian berdasarkan bentuk yang beragam memperoleh nilai 93,75 dengan sub indikator
tertinggi yaitu bentuk motif kembang goyang yang bervariasi, dan sub indikator terendah yaitu
perpaduan bentuk dalam berbagai ukuran motif. Secara keseluruhan, penilaian produk batik
dengan desain motif kembang goyang khas Betawi mendapatkan hasil nilai sebesar 93,33 sehingga
produk berada pada kategori sangat baik. Penilaian berdasarkan produk dengan nilai tertinggi
diperoleh pada desain 2, dengan nilai 95,83 dan nilai terendah diperoleh pada desain 5, dengan
nilai 90,62.

Published
2025-07-07