Penggunaan Search Engine untukMeningkatkan ReputasiMedia Online (Studi Strategi Komunikasi padaMedia Online Popmama.com)

  • Sandra Ratnasari Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Siti Komsiah Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Search Engine Optimization, reputasi media online, teori Niche, teori Determinisme Teknologi, strategi komunikasi media online, mesin pencari Google

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana optimasi mesin pencari (Seacrh Engine Optimization, SEO) dapat digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan reputasi dan visibilitas media online di mesin pencari Google. Penelitian ini juga telah menemukan hubungan antara SEO dengan strategi komunikasi pada media online Popmama.com. Penelitian ini didasarkan pada kerangka teori Niche dan Determinisme Teknologi. Teori Niche menjelaskan bagaimana media online saling bersaing untuk mendapatkan perhatian audiens serta sumber daya dalam ekosistem media. Sedangkan Teori Determinisme Teknologi menjelaskan bahwa kemajuan teknologi, dalam hal ini adalah mesin pencari Google, membentuk perilaku manusia dan pola konsumsi media. Penelitian ini secara khusus akan fokus pada Popmama.com, sebuah platform media parenting yang menargetkan orang tua berusia 20-40 tahun di Indonesia. Penelitian ini juga akan mengeksplorasi peran SEO dalam membentuk strategi komunikasi bisnis Popmama.com, khususnya dalam menyelaraskan produksi konten dengan algoritma mesin pencari untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi. Penelitian memakai pendekatan kualitatif, dengan melakukan analisis konten dan wawancara orang kunci di Divisi SEO dan Divisi Redaksi Popmama.com. Dengan paradigma konstruktivisme, penelitian ini menemukan bahwa SEO yang dilakukan di Popmama.com bisa diterapkan di tempat lain karena terbukti bahwa SEO bisa memengaruhi reputasi di mesin pencarian Google.

Published
2025-07-07