Persepsi Mahasiswa Terhadap Pentingnya Soft Skill Dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Studi Empiris di Kota Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana mahasiswa memandang peran soft skills untuk
mendukung kesiapan kerja mereka. Dinamika kehidupan kerja yang kian kompetitif membuat lulusan tidak
hanya dituntut menguasai hard skills, namun juga dituntut memiliki keterampilan nonteknis seperti
kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, beradaptasi, serta mengelola diri. Dengan pendekatan kualitatif
melalui wawancara mendalam pada mahasiswa di Kota Semarang, diperoleh temuan bahwa mayoritas
mahasiswa telah menyadari pentingnya soft skills, meskipun fokus utama mereka masih banyak tertuju pada
capaian akademik. Penelitian ini juga mengungkap bahwa pengalaman berorganisasi, kegiatan magang,
maupun interaksi dalam lingkungan sosial turut membentuk cara pandang mahasiswa mengenai soft skills.
Berdasarkan hasil tersebut, perguruan tinggi disarankan untuk merancang kurikulum dan program
pengembangan diri yang lebih menekankan pada penguatan soft skills sebagai bekal utama menghadapi
tantangan dunia kerja.
Kata kunci : soft skills, kesiapan kerja, persepsi mahasiswa, kompetensi nonteknis, pendidikan tinggi.
ABSTRACT
This study aims to understand how university students perceive the role of soft skills in supporting their work
readiness. The increasingly competitive job market requires graduates not only to master hard skills but also
to develop non-technical abilities such as communication, teamwork, adaptability, and self-management.
Using a qualitative approach through in-depth interviews with students in Semarang, the findings indicate that
most students are aware of the importance of soft skills, although their main focus often remains on academic
achievement. The study also reveals that organizational involvement, internship experiences, and social
interactions play a significant role in shaping students’ perspectives on soft skills. Based on these results,
universities are encouraged to design curricula and self-development programs that emphasize the
strengthening of soft skills as essential preparation for facing the challenges of the professional world.
Keyword : oft skills, employability, students’ perception, non-technical competencies, higher education