Analisis Strategi Komunikasi Persuasif Bank Sampah Dalam Membangun Partisipasi Masyarakat Untuk Mengelola Sampah (Studi Kasus Pada Bank Sampah Gunung Emas)
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan krusial terkait pengelolaan sampah di Jakarta yang
masih mengalami minimnya keterlibatan aktif masyarakat. Di sinilah peran komunikasi persuasif
bank sampah untuk dapat membangun partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah. Salah satu
bank sampah yang melakukan komunikasi persuasif tersebut adalah Bank Sampah Gunung Emas.
Penelitian ini menggunakan teori integrasi informasi dan teori difusi inovasi. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara
terstruktur, studi pustaka, dokumentasi, dan internet. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa
strategi komunikasi persuasif yang diterapkan oleh Bank Sampah Gunung Emas meliputi
menentukan secara spesifik tujuan komunikasi, mengenali siapa saja kelompok sasaran, merancang
strategi komunikasi persuasif yang tepat dan memilih metode persuasi yang relevan. Bank Sampah
Gunung Emas mengoptimalkan pendekatan emosional, edukatif, serta mengedepankan nilai
ekonomi dan keberlanjutan untuk membentuk sikap dan perilaku masyarakat. Kesimpulannya
adalah strategi komunikasi persuasif yang dijalankan Bank Sampah Gunung Emas terbukti
dirancang secara sistematis, adaptif, serta disesuaikan dengan kondisi sosial dan ekonomi
masyarakat, selain itiu Strategi komunikasi persuasif Bank Sampah Gunung Emas bersifat
kombinatif dengan memadukan edukasi, partisipasi aktif, dan pemberian insentif dan motivasi
masyarakat dalam berpartisipasi mengalami perkembangan signifikan, dari faktor ekonomis tumbuh
menjadi kepedulian terhadap kebersihan lingkungan serta penguatan relasi sosial antarwarga.
Kata kunci: Strategi Komunikasi Persuasif, Bank Sampah Gunung Emas, Partisipasi
Masyarakat. Pengelolaan Sampah