PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MENYOSIALISASIKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN MELALUI KONSEP ZERO WASTE (STUDI KASUS PADA @ALIANSIZEROWASTE.ID)
Abstract
Penelitian ini mengkaji peran media sosial Instagram sebagai media sosialisasi. Pada penelitian ini, peneliti berfokus pada akun Instagram @Aliansizerowaste.id sebagai salah satu platform digital yang memberikan sosialisasi terkait kepedulian lingkungan dengan penerapan gaya hidup berkonsep zero waste atau nol sampah. Zero waste sendiri adalah gaya hidup dengan meminimalisir sampah dari sumber utamanya dengan memberikan solusi anti semu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan penentuan informan sesuai kriteria yang ditetapkan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori KekayaanMedia yang berfokus pada empat kriteria yang memengaruhi kekayaan suatu media. Hasil dari penelitian ini adalah akun @Aliansizerowaste.id berada pada golonganMedium dalam klasifikasi media dengan penyediaan informasi dalam berbagai bentuk (multiple cues), memungkinkan audiens mendapatkan kesegeraan informasi dan timbal balik (immediacy), penggunaan bahasa yang beragam (variety language), dan menyediakan pesan bersifat personal (personal focus). Namun, pemanfaatan yang dilakukan @Aliansizerowaste.id belum dapat dikatakan High dikarenakan AZWI sebagai pemilik akun tidak menggunakan fitur tatap muka (face-to-face) dalam berkomunikasi kepada audiens, sehingga timbal balik yang didapat tidak secara langsung.

