FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN
Abstract
Penelileverage,tian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, dengan
sampel perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 2016 sebanyak 32 perusahaan
dengan menggunakan metode purposive sampling. Data diolah menggunakan spss versi 20. Berdasarkan uji t,
leverage yang diproksikan dengan debt to asset ratio, size, dan kualitas laba berpengaruh terhadap nilai
perusahaan, sedangkan Profitabilitas yang diproksikan dengan return on equity tidak berpengaruh terhadap
nilai perusahaan. Berdasarkan uji ANOVA, debt to asset ratio, size, return on equity dan kualitas laba,
berpengaruh secara bersama-sama terhadap nilai. Hasil koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa ketiga
variabel independen mempengaruhi nilai perusahaan sebesar 17,2% %, sedangkan 82,8% dapat dijelaskan oleh
faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian.