Analisis Kepercayaan Mahasiswa Terhadap Penggunaan ELearning Universitas Dalam Pembelajaran Online
Abstract
Kepercayaan mahasiswa dalam menggunakan e-learning selama masa
pandemi covid 19 adalah salah satu tujuan penting dari keberhasilan e-learning di
Universitas. Meskipun sejumlah besar penelitian telah dilakukan untuk menyelidiki
dan mengevaluasi kepercayaan pengguna e-learning, variabel-variabel yang
mempengaruhi kepercayaan mahasiswa dalam penggunaan e-learning universitas
menarik untuk diteliti lebih jauh. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis
kepercayaan mahasiswa terhadap penggunaan e-learning universitas dalam
perkuliahan online. Domain yang dipilih dari model masa lalu diadaptasi dan
diintegrasikan dengan temuan teoritis dari penelitian kepercayaan penggunaan elearning
sebelumnya. Sebanyak enam konstruk sebagai instrumen diukur dalam
penelitian ini: kemudahan pengunaan (PEOU), kegunaan (PU), kualitas informasi
(IQ), kualitas sistem (Sys_Q), kualitas layanan (SQ) dan, kepercayaan (Trust).
Konstruksi diukur menggunakan skala likert skala lima mulai dari 1 sangat tidak
setuju hingga 5 sangat setuju, diambil dari pengukuran dalam studi sistem
informasi. Enam hipotesis divalidasi secara empiris. Responden sebanyak 112
diambil dari mahasiwa Universitas Stikubank Semarang dari beberapa fakultas yg
ada. Temuan penelitian menunjukkan kemudahan penggunaan mempunyai
pengaruh yang sangat kuat terhadap kegunaan e-learning ; kegunaan, kualitas
layanan, dan kualitas sistem merupakan penentu kepercayaan; sementara itu
kualitas informasi berpengaruh positif terhadap kepercayaan tetapi tidak signifikan.
Studi ini menarik perhatian substantif pada kebutuhan untuk memahami
kepercayaan sebagai salah satu variabel penting dalam konteks sistem informasi.