Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman

  • Faisal Faisal Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Anita Diana Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Dyah Retno Utari Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Business Model Canvas (BMC), Wordpress, Tanaman.

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 ini pemerintah membatasi aktivitas diluar dan menghindari
kontak fisik secara langsung. Sehingga banyak memanfaatkan media internet untuk
penjualan dan pembelian. Pesona Tanaman yaitu usaha yang bergerak pada bidang
penjualan tanaman hias. Meskipun sudah menggunakan WhatsApp dan Marketplace,
ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu, persaingan harga yang terlalu bervariatif
sehingga mempunyai selisih harga yang jauh, banyaknya yang menjual produk yang
sama sehingga membuat pelanggan memilih rekomendasi produk dari toko lain,
minimnya dalam promosi penjualan sehingga produk lama terjual dan pemilik toko
masih menggunakan sistem pencatatan kertas untuk laporan. Untuk mengatasi kendalakendala
tersebut, dibutuhkan sebuah website e-commerce. Dalam pengembangan ecommerce
ini menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa
kekuatan dan kekurangan serta strategi bisnis. Perancangan sistem menggunakan
metode Unifield Modeling Language (UML), dan websitenya menggunakan aplikasi
Wordpress dengan Content Management System (CMS). Website juga dioptimalisasi
dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO), agar website berada di
halaman awal pada mesin pencari, sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukan
situs web tersebut. Dengan website e-commerce ini diharapkan pemilik toko bisa lebih
memaksimalkan penjualan produk yang dijual melalui website e-commerce, penerapan
SEO dan marketing dapat membantu meningkatkan penjualan serta dengan adanya fitur
cetak laporan penjualan dapat mempermudah pemilik toko dalam merekapitulasi
laporan.

Published
2021-10-18