AUDIT SISTEM INFORMASI FRONT OFFICE PADA WORLD HOTEL MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1

  • Tika Pradini
  • Johanes Fernandes Andry
Keywords: COBIT 4.1, Audit, Front Office, DS, Maturity Level, World Hotel

Abstract

World Hotel adalah salah satu hotel yang telah menggunakan aplikasi atau Sistem Informasi sebagai salah satu
penunjang bisnis mereka. Aplikasi yang digunakan adalah Sistem Informasi Hotel Maestro. Front Office
merupakan Department yang bertanggung jawab atas berbagai transaksi dan pendataan tamu yang terjadi di Hotel.
Oleh karena itu, sistem yang digunakan harus mampu mengelola, menyampaikan dan menjaga keamanan
informasi dengan baik. Maka, perlunya dilakukan audit dengan tujuan untuk mengevaluasi tata kelola sistem
informasi yang berjalan. COBIT telah menjadi best practice untuk tata kelola IT, untuk itu, penelitian dilakukan
mengikuti standar Kerangka Kerja COBIT 4.1. Penelitian berfokus pada sub-domain DS5, DS7, DS11, DS12, dan
DS13. Kelima domain tersebut penting untuk dibahas karena berhubungan dengan masalah yang terjadi yaitu
mengenai penyampaian, pengelolaan dan keamanan informasi. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan
teknik observasi, wawancara dan kepustakaan. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa, DS5, DS11, dan DS13
berada pada level 2, DS7 dan DS12 berada pada level 1, dan dapat disimpulkan bahwa tata kelola sistem informasi
yang berjalan masih di bawah expected level dengan nilai terendah pada DS7 dan nilai tertinggi pada DS13.

Published
2018-03-01