Evaluasi Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Teknik Pengajaran Dosen
Abstract
Salah satu tolok ukur keberhasilan dosen dalam mengajar dapat diukur dari bukti
pengumpulan dan penilaian kuisioner yang dilakukan oleh para mahasiswa. Penerapan system
informasi untuk penilaian teknik pengajaran dosen menjadi salah satu strategi dari perguruan tinggi
dalam rangka mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap teknik pengajaran dari dosen. Efek
dari implementasi system informasi ini kemudian memicu penelitian yang lain untuk melakukan
pendekatan evaluasi menggunakan metode UTAUT. Model evaluasi terhadap system informasi
untuk penilaian teknik pengajaran dosen ini akan menekankan pada beberapa konstruk dari model
UTAUT. Model UTAUT yang ditekankan dalam penelitian ini adalah: harapan kinerja
(Performance Expectancy), harapan usaha (Effort Expectancy), pengaruh sosial (Social Influnce),
dan kondisi fasilitas (Facilitating Condition) terhadap niat untuk menggunakan system informasi
tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk pengembangan dan perbaikan
system informasi untuk penilaian teknik pengajaran dosen di masa yang akan datang.