IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK PERKEMBANGAN ANAK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TQ. BUNAYYA DI KELURAHAN PENGGILINGAN JAKARTA TIMUR

  • Emi Susilowati
  • Rully Mujiastuti
  • Sitti Nurbaya Ambo
Keywords: Perkembangan Anak, Kriteria Perkembangan Anak, Simple Additive Weighting, Perankingan, PAUD, Kuesioner Pra Skrining Perkembangan

Abstract

Penelitian perkembangan anak pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah penelitian yang dilakukan
terhadap perkembangan anak dengan rentang usia 3 sd 6 tahun. Penelitian ini dilakukan oleh Tim Peneliti dari
Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Jakarta kepada anak-anak yang berada pada
PAUD di RW 10 wilayah Kelurahan Penggilingan, Jakarta Tmur yaitu TQ. Bunayya. Perkembangan
(development) adalah pertambahan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dengan kriteria
berupa perkembangan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian. Deteksi
dini perkembangan anak pada penelitian ini menggunakan formulir Kuesioner Pra Skrining Perkembangan
(KPSP) dengan tahap awal sosialisasi dan dilanjutkan dengan observasi pada PAUD yang dilakukan oleh guru
PAUD didampingi orang tua anak dengan mengajukan pertanyaan dan instruksi kepada anak murid PAUD sesuai
yang tertera pada formulir KPSP menurut usia anak. Setelah didapatkan hasil, Tim Peneliti melakukan
pengolahan data berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan yaitu gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa,
serta sosialisasi dan kemandirian. Pengolahan data menggunakan metode Simple Additive Weighting untuk
kemudian dilakukan perankingan yang memberikan rekomendasi perkembangan anak pada PAUD. Dari hasil
penelitian ini didapatkan hasil bahwa anak pada TQ. Bunayya terdapat 9 anak yang memiliki ranking / preferensi
perkembangan anak yang baik (0.9 1) sementara ada 4 anak yang memiliki ranking / preferensi perkembangan
anak yang kurang baik (0.7 0.8). Diharapkan dengan adanya penelitian ini, PAUD yang memiliki anak didik
dengan perkembangan yang kurang baik akan cepat diketahui dan ditindaklanjuti oleh pihak terkait yaitu guru
dan orang tua dengan pemberian intervensi dan stimulus kepada perkembangan anak.

Published
2018-02-07