ANALISIS STUDI KORPORATIF KEBERHASILAN PROSES PEMBELAJARAN DI JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA, SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK INFORMATIKA DENGAN METODE ANALISIS REGRESI DAN KORELASI

  • Yunita Sari
  • Erwin Suhandono
Keywords: IPK, perambatan rata-rata, konvensional, e-learning

Abstract

Di era industri pendidikan saat ini mutu atau kualitas pendidikan menjadi salah
salah satu faktor penentu keberhasilan. Hal ini tercermin dari proses kegiatan belajar
mengajar, dimana di dalam dunia pendidikan tinggi secara aktual dinyatakan oleh
pencapaian IPK mahasiswa yang terus meningkat dari semester ke semester berikutnya.
Universitas Persada Indonesia YAI sebagai salah satu universitas swasta di Indonesia
yang sudah cukup dikenal dan diminati oleh masyarakat dengan jumlah mahasiswa yang
cukup memadai, sangat ideal untuk dianalisa tingkat keberhasilan proses
pembelajarannya ditinjau dari perambatan IPK rata rata dari semester 1 hingga semester
6 (tingkat Diploma) dan dari semester 1 hingga semester 8 (tingkat Sarjana) berdasarkan
kriteria prestasi belajar yang dinyatakan dengan perubahan IPK. Sebagai populasi target
penelitian adalah seluruh mahasiswa di Fakultas Teknik pada jurusan Manajemen
Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Informatika angkatan tahun 2010 mewakili
sistem pembelajaran konvensional dan 2012 mewakili sistem pembelajaran e-learning.

Published
2017-07-01